Comscore Tracker

Kominfo Adakan Nge-Zoom Bareng Bintang Emon

Kulik pengalaman membuat konten kreatif

Jakarta, IDN Times -- Kementerian Kominfo dan Siberkreasi mencoba untuk menggali lebih dalam mengenai kreatif di media sosial melalui kegiatan “Nge- Zoom bareng Bintang Emon” yang mengulik pengalaman Bintang Emon dalam membuat konten-konten kreatif di Media Sosial.

Sebagai seorang public figure, Bintang Emon harus selalu update dengan perkembangan teknologi terutama dalam penggunaan internet dan media sosial. 

Dalam acara Ngezoom yang digelar secara online pada Sabtu, 16 Oktober 2021, Pkl. 16.00 - 17.30 ini mengulik bagaimana kah cara Bintang Emon dalam membuat konten kreatif di media sosial. 

1. Pelajaran banyak didapat dari standup comedy

Kominfo Adakan Nge-Zoom Bareng Bintang EmonDok. Kominfo

Bintang menjelaskan bagaimana bisa mempresentasikan ide dengan cara terstruktur, yaitu sebagian besar belajar dari komunitas standup komedi. Dari stand Up comedy bisa belajar macam-macam, ada public speaking, kemudian belajar menulis yang sangat  dibutuhkan dalam membuat konten.  Saat berbicara  langsung mungkin tak serapi saat membuat video. Jadi, caranya adalah membuat konsep, point masalah dan argumentasi. Ini disusun sedemikian rupa lalu dibuat video. 

Bintang juga menyebutkan bahwa, hal itulah yang menjadi alasan mengapa videonya jarang muncul, hanya seminggu satu kali.  

2. Belajar berpikir logis dan terstruktur

Kominfo Adakan Nge-Zoom Bareng Bintang EmonInstagram/@bintangemon

Bintang bukan hanya sebagai stand Up Comedian tapi juga berpikir logis dan struktur tentang problem solving, artinya ikut serta memecahkan masalah yang ada. Salah satu caranya dengan menyebarkan secara luas perasaan yang sedang masyarakat luas alami. Sehingga mungkin pelaku atau orang yang dibahas, mengetahui keluhan yang masyarakat rasakan.  

Dalam tanya jawab dengan peserta zoom, ada hal yang menarik, di mana seorang anak berusia 7 tahun menanyakan konten yang cocok untuknya.

3. Generasi muda perlu terus mengikuti perkembangan zaman

Kominfo Adakan Nge-Zoom Bareng Bintang Emoninstagram.com/bintangemon

Bintang kembali mengingatkan bahwa, dengan adanya peserta yang masih kecil, kita harus sadar, terutama generasi muda, harus cepat bertindak, cepat mengikuti jaman, harus makin cakap digital.  Jangan sampai tertinggal.

Selain kegiatan ini, ada pula berbagai kegiatan serta kelas-kelas pelatihan terkait peningkatan kapasitas di bidang digital yang terbuka untuk umum dan gratis. Informasi lebih lanjut terkait kegiatan-kegiatan tersebut dapat diakses melalui info.literasidigital.id. (WEB)

Topic:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya