Lewat Netizen Fair 2021, Kominfo Ajak Masyarakat Makin Cakap Digital 

Rangkaian dari berbagai kegiatan literasi digital Kominfo

Jakarta, IDN Times - Dalam beberapa tahun terakhir, inovasi teknologi digital berkembang dengan sangat masif dan pesat yang menuntun pada berbagai perubahan besar di berbagai bidang. Kehadiran teknologi digital membawa kemudahan dan kecepatan dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian, layaknya dua sisi koin, teknologi digital pun mendatangkan berbagai bahaya yang mengintai setiap penggunanya.

Terlebih, saat ini Indonesia juga menjalankan agenda nasional transformasi digital yang diimplementasikan melalui percepatan perluasan infrastruktur digital di seluruh penjuru negeri yang juga diimbangi dengan penyiapan sumber daya manusia talenta digital.

Merespons kebutuhan tersebut, tahun ini Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi menginisiasi Program Literasi Digital Nasional yang menyasar 12,5 juta juta masyarakat di 514 kabupaten/kota pada 34 provinsi Indonesia. Program ini diimplementasikan melalui berbagai kelas, lokakarya, serta seminar baik secara luring maupun daring yang mengacu pada empat pilar literasi digital, yaitu: Kecakapan Digital, Keamanan Digital; Etika Digital; serta Budaya Digital.

1. Program literasi digital untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat

Lewat Netizen Fair 2021, Kominfo Ajak Masyarakat Makin Cakap Digital Netizen Fair 2021. (Dok. Kominfo)

Adapun tujuan dari dilaksanakannya program literasi digital adalah untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan teknologi digital serta mengembangkan dan meningkatkan keterampilan masyarakat Indonesia di dunia digital. 

Sebagai rangkaian dari berbagai kegiatan literasi digital yang dilaksanakan tersebut, maka di penghujung 2021 ini, Kementerian Kominfo bersama seluruh mitra/jejaring akan melaksanakan puncak acara Literasi Digital, yaitu Netizen Fair 2021, yang akan dilakukan secara serentak dan hybrid di berbagai kota/kabupaten dan dilaksanakan selama dua hari pada 23-24 November 2021.

“Berbagai fondasi yang dapat memfasilitasi transformasi digital, mulai dari infrastruktur, aplikasi, regulasi, tata kelola, hingga pengembangan teknologi penunjang. Namun, semua ini kuncinya ada pada SDM digital,” tutur Semuel A Pangerapan, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo.

Baca Juga: Siberkreasi, Kominfo, dan Facebook Gelar Diskusi Metaverse Era Baru Digital

2. Berbagai kegiatan secara rutin dilakukan pada program literasi digital

Lewat Netizen Fair 2021, Kominfo Ajak Masyarakat Makin Cakap Digital Shutterstock/F8 studio

Lebih dari itu, guna memperkuat kapasitas talenta digital sekaligus mewujudkan masyarakat Indonesia yang makin cakap digital, program ini melaksanakan berbagai kegiatan secara rutin, dan dalam kegiatan tersebut, nantinya akan terdapat talk show interaktif “Ngobrolin Literasi Digital” yang akan membahas empat Pilar Literasi Digital, juga isu-isu terkini mengenai teknologi digital.

Tidak hanya itu, akan ada pelatihan dan kelas-kelas bertajuk “Netizen Talks” yang akan mengulas pemanfaatan teknologi digital secara lebih mendalam, seperti pembuatan konten yang menarik, tips dan trik membuat podcast, hingga kelas animasi.

3. Mau ikutan Netizen Fair? Daftar melalui event.literasidigital.id ya!

Lewat Netizen Fair 2021, Kominfo Ajak Masyarakat Makin Cakap Digital Ilustrasi bermain media sosial (pexels.com/Kaboompics.com)

Lebih lanjut, kegiatan ini akan dihadiri berbagai narasumber mewakili komunitas, akademisi, publik figur, dan para pemangku kepentingan majemuk lainnya di bidang literasi digital, seperti gubernur, wali kota, juga Kepala Diskominfo di masing-masing kota, pegiat-pegiat literasi digital seperti Yosi Mokalu, Ndoro Kakung, Novi Kurnia, hingga berbagai Key Opinion Leader di setiap kota dan lain sebagainya. Acara ini akan dimeriahkan pula oleh penampilan berbagai band dan artis nasional.

Kegiatan Netizen Fair 2021 ini merupakan kegiatan yang gratis dan terbuka untuk umum. Seluruh masyarakat dapat mendaftar kegiatan ini melalui event.literasidigital.id. Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dapat diakses melalui info.literasidigital.id atau media sosial Siberkreasi. (WEB)

Baca Juga: Kominfo Umumkan Humas Terbaik Tanah Air di AMH 2021, Ini Daftarnya 

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya