Perkuat Keterampilan Digital Lokal, Kominfo Gelar Siberkreasi Local Fair

Siberkreasi Local Fair menghadirkan 20 pembicara

Jakarta, IDN Times – Bertempat di Anvaya Beach Resort Bali, Sabtu (11/6/2021), Kominfo dan GNLD Siberkreasi menyelenggarakan Siberkreasi Local Fair (SNL) yang merupakan kegiatan seminar dan pertunjukan secara hybrid dengan menghadirkan lebih dari 20 narasumber lokal dan nasional.

Peserta onsite dibatasi hanya 50 peserta, dengan target peserta online selama dua hari mencapai hingga 50 ribu peserta.Para pembicara yang hadir di antaranya Nadia Mulia, Yosi Mokalu, Jessica Iskandar, Marcella Zalianti, Young on Top, Paberik Soeara Rakjat.

1. Ada apa saja di Siberkreasi Local Fair?

Perkuat Keterampilan Digital Lokal, Kominfo Gelar Siberkreasi Local FairNadia Mulia memandu Siberkreasi Local Fair. (Dok. Kominfo)

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini akan dibuka dengan Kelas Makin Cakap Digital yang terdiri dari Kelas Podcast, Kelas Public Speaking, Kelas Pembuatan Film, dan Kelas Digital Marketing untuk UMKM.

Pada hari kedua, Sabtu, 12 Juni 2021 kegiatan akan dilanjutkan dengan Virtual Talks yang membahas 4 (empat) pilar Literasi Digital, yaitu Digital Skills, Digital Ethics, Digital Culture, dan Digital Safety.

Selain kelas dan virtual talk show, acara ini akan diselingi juga dengan berbagai hiburan, seperti stand up comedy dan music performance dengan mendatangkan artis atau band lokal.  

Baca Juga: Akselerasi Talenta Digital, Kemendikbudristek dan Kominfo Kolaborasi

2. Ini tujuan penyelenggaraan Siberkreasi Local Fair

Perkuat Keterampilan Digital Lokal, Kominfo Gelar Siberkreasi Local FairSalah satu acara di Siberkreasi Local Fair. (Dok. Kominfo)


Koordinator Literasi Digital Kominfo Rizki Ameliah mengatakan kegiatan ini memiliki tujuan, di antaranya berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada para digital millennial untuk memiliki kemampuan menciptakan konten positif yang berkualitas di Indonesia; serta berbagi pengetahuan mengenai kecakapan digital agar dapat memilih dan memilah konten informasi yang diterima.

"Selain itu, kegiatan ini bertujuan menumbuhkan minat para millennial untuk berdaya saing di media sosial; mengajarkan untuk bijak dan cerdas dalam menggunakan social media di era digital, serta pemanfaatannya dalam berbagai bidang seperti bisnis, pola asuh, dan kreasi konten; mengajak para millennial untuk tetap produktif dari rumah di masa pandemi COVID-19,” ujar Rizki.

3. Siberkreasi Local Fair mendukung percepatan transformasi digital

Perkuat Keterampilan Digital Lokal, Kominfo Gelar Siberkreasi Local FairANTARA FOTO/Olha Mulalinda

Kegiatan SLF ini merupakan bagian dari program untuk mendukung percepatan transformasi digital nasional sesuai yang disampaikan Bapak Presiden Jokowi pada 20 Mei 2021 dalam kegiatan peluncuran Program Literasi Digital Nasional: Indonesia Makin Cakap Digital. 

Upaya mendorong percepatan transformasi digital nasional di antaranya dilakukan melalui dua pendekatan, yaitu pemerataan infrastruktur telekomunikasi hingga ke seluruh pelosok Nusantara agar konektivitas dapat menjangkau seluruh masyarakat tanpa terkecuali sehingga masyarakat di seluruh pelosok nusantara dapat mengakses media sosial, e-commerce, maupun siaran televisi digital. 

“Setelah infrastruktur maka dibutuhkan pengembangan sumber daya manusia (SDM)/talenta digital yang dilakukan melalui pendekatan yang komprehensif guna mencakup tiga tingkat kecakapan, baik level dasar, menengah, maupun lanjutan. Di level kecakapan yang paling mendasar, dicanangkanlah program #MakinCakapDigital, yang ditargetkan meliterasi 12,5 juta orang pada 2021 ini. Harapannya, dengan masyarakat yang #MakinCakapDigital, para warganet dapat semakin bijak beraktivitas di dunia maya, tidak menyebarkan kebencian dan dapat menyaring informasi-informasi yang tidak tepat, juga memanfaatkan teknologi digital secara lebih produktif,” tutup Rizky Ameliah. (WEB)

Baca Juga: Inspiratif, Kominfo Beri Apresiasi bagi Penggiat Literasi Digital

Topik:

  • Ezri T Suro
  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya