Berdayakan UMKM dan Produk Lokal RI, Kominfo Ikut Gelar Penyangga Bumi

Kegiatan interaktif dan inovatif digelar di Penyangga Bumi

Jakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Siberkreasi, Mbloc Market, Kopi Penyangga Bumi, The Podcasters Indonesia, dan Pabrik Soeara Rakyat melaksanakan acara Penyangga Bumi selama tiga hari, yaitu 19-21 Maret 2021, di Mbloc Space, Jakarta. Acara ini merupakan peresmian Mbloc Market sebagai bagian dari pemberdayaan UMKM dan produk lokal Indonesia.

Acara Penyangga Bumi menyajikan berbagai  kegiatan interaktif dan inovatif, seperti talk show literasi digital dan kelas podcast. Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan dan pemahaman lebih kepada masyarakat, khususnya melalui literasi digital. Kegiatan talk show literasi digital dan kelas podcast ini juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube dan Facebook Siberkreasi. 

Baca Juga: Gelar Literasi Digital, Kominfo Temukan 133 Berita Hoax soal Vaksinasi

1. Acara yang digelar di Penyangga Bumi juga memberikan edukasi literasi digital

Berdayakan UMKM dan Produk Lokal RI, Kominfo Ikut Gelar Penyangga BumiIlustrasi digital/open-stand.org

Salah satu tema talk show literasi digital  yang dihadirkan dalam acara Penyangga Bumi pada 19 Maret 2021 adalah “Menumbuhkan Kreativitas Digital Teman Difabel di Masa Pandemi”. Gelar wicara tersebut menghadirkan Yosi Mokalu sebagai Ketua Umum Siberkreasi dan Mardea Mumpuni sebagai perwakilan dari Precious One. 

Talk show ini diangkat dengan tujuan memberikan edukasi terkait urgensi literasi digital dan motivasi bagi kaum difabel untuk berani memulai membuat konten di media digital. 

2. Para narasumber yang hadir pada acara Penyangga Bumi juga menceritakan kisah sukses mereka

Berdayakan UMKM dan Produk Lokal RI, Kominfo Ikut Gelar Penyangga BumiSalah satu talk show yang digelar di Penyangga Bumi di Mbloc Space, Jakarta, 19-21 Maret 2021

Selain itu, pada 21 Maret 2021 Penyangga Bumi menyajikan talk show literasi digital bertema “Perempuan Cakap Digital Zaman Now!”. Sesuai dengan temanya, talk show ini membahas mengenai peran perempuan di era digitalisasi dengan menghadirkan narasumber-narasumber wanita inspiratif, seperti Elly Nurul sebagai Ketua Umum Kumpulan Emak Blogger Indonesia dan Rachel Octavia sebagai perwakilan dari The F People. 

Melalui talk show ini, para narasumber menceritakan kisah sukses mereka dalam berkarier melalui media digital sebagai tujuan untuk memberikan motivasi kepada perempuan lainnya.

Baca Juga: Kominfo Gelar Vaksinasi Dosis Kedua bagi Awak Media

3. Kelas podcast juga digelar pada acara Penyangga Bumi

Berdayakan UMKM dan Produk Lokal RI, Kominfo Ikut Gelar Penyangga BumiIlustrasi podcast/Presonus.com

Tidak hanya melalui talk show literasi digital, pemberian pemahaman literasi digital kepada masyarakat juga dilakukan melalui kelas podcast. Seperti kita ketahui bahwa saat ini podcast menjadi salah satu bentuk media digital yang sangat digemari masyarakat. 

Oleh sebab itu, melalui kelas podcast ini masyarakat diharapkan mendapatkan wawasan dan pemahaman untuk mengenal lebih dalam mengenai podcast dan  mengetahui bagaimana strategi yang benar untuk memulai membuat podcast. Kegiatan kelas podcast ini menghadirkan podcaster-podcaster Indonesia, seperti Pradipta Nugrahanto, Tio Prasetyo Utomo dan Raden Rully. CSC

Topik:

  • Ezri T Suro
  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya