Comscore Tracker

Kominfo dan Kemenag Gelar Literasi Digital untuk Lingkungan Madrasah

Madrasah makin cakap digital

Jakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Kementerian Agama (Kemenag) dan GNLD Siberkreasi mengadakan kegiatan Madrasah Makin Cakap Digital untuk wilayah Makassar dan Polewali Mandar.

Kegiatan ini diadakan secara hybrid di lokasi SMAN 3 Makassar dan SMAN 1 Polewali Mandar untuk 50 orang peserta. Acara tersebut juga disiarkan secara daring bagi 1.000 peserta lainnya. Madrasah Makin Cakap Digital diadakan pada Selasa, 14 hingga Rabu, 15 September 2021.

1. Bijak dalam menggunakan media sosial

Kominfo dan Kemenag Gelar Literasi Digital untuk Lingkungan MadrasahKemenkominfo bersama Kemenag dan GNLD Siberkreasi mengadakan kegiatan Madrasah Makin Cakap Digital untuk wilayah Makassar dan Polewali Mandar. (Dok. Kominfo)

Untuk diskusi di Makassar, panitia menghadirkan Dr Muhammad Zain, S.Ag., M.Ag. selaku Direktur GTK Madrasah Kemenag, dan Rizki Ameliah selaku Koordinator Literasi Digital Kemenkominfo. Selain itu, hadir pula dari Citra Rosalyn selaku anggota Japelidi Makassar dan Fachrudin Palapa dari Mafindo Makassar.

Sementara itu, di Polewali Mandar, Yusriah selaku Dosen Institut Agama Islam DDI Polewari Mandar dan Ketua Umum Asosiasi Profesi Informatika dan Komunikasi Indonesia, Mihram turut menghadiri acara tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Zain mengarahkan agar setiap Madrasah meningkatkan kualifikasi dan kompetensi guru untuk mendukung Madrasah lebih cakap digital. Ia juga memercayai bahwa saat ini, semua orang memiliki jejak digital, oleh karena itu harus lebih bijak dalam menggunakan sosial media.

Baca Juga: Kampus UMKM Shopee Ajak Pelaku Usaha di Jateng Melek Literasi Digital 

2. Wujudkan literasi digital yang lebih komprehensif

Kominfo dan Kemenag Gelar Literasi Digital untuk Lingkungan MadrasahKementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan Program Literasi Digital Nasional bertajuk Indonesia Makin Cakap Digital di Basket Hall, Senayan, Jakarta, pada Kamis (20/5/2021). (Dok. Kominfo)

Rizki Ameliah menjelaskan, kegiatan ini dilakukan demi mewujudkan literasi digital yang lebih komprehensif agar mencapai manfaatnya, yaitu untuk menghemat waktu, biaya, memperluas jaringan, belajar lebih cepat dan efisien.

Ia juga menjelaskan, akan ada banyak kegiatan lainnya yang bisa dicek langsung oleh masyarakat pada situs dan dashboard untuk materi dan kegiatan dari literasi digital.

3. Informasi kegiatan

Kominfo dan Kemenag Gelar Literasi Digital untuk Lingkungan MadrasahKurikulum & Modul Literasi Digital. (IDN Times / Ridho Fauzan)

Selain itu, juga terdapat aplikasi dan fitur-fitur gratis yang disediakan oleh Kemenkominfo dan kelas untuk orangtua, PAUD, SD, SMP, untuk meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia.

Untuk mendapatkan informasi mengenai kegiatan webinar edukatif seputar Madrasah Cakap Digital berikutnya dapat dipantau di info.literasidigital.id dan melalui media sosial @siberkreasi. (WEB)

Baca Juga: Gelar Literasi Digital, Kominfo Raih Rekor Peserta Daring Terbanyak

Topic:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya