Pemilihan Serentak 2020 Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan 

Pemilihan tetap akan dilaksanakan di tengah pandemi

Jakarta, IDN Times – Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 akan diselenggarakan tanggal 9 Desember 2020. Meskipun awalnya mendapat banyak protes dari masyarakat, pemilihan tetap akan dilaksanakan di tengah pandemi. 

Dalam berbagai kesempatan, pemerintah menilai penyelenggaraan pemilihan akan mendongkrak perekonomian nasional yang sempat drop semenjak dilanda pandemi Covid-19.

1. Dana yang beredar bisa mencapai Rp35 triliun

Pemilihan Serentak 2020 Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan Ilustrasi pilkada serentak (IDN Times/Mardya Shakti)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto beberapa waktu lalu menyampaikan dana yang beredar di pemilihan bisa mencapai Rp35 triliun. Dana itu berasal dari anggaran penyelenggaraan dan kampanye yang dilakukan oleh berbagai calon. 

Dana yang beredar untuk penyelenggaraan sekitar Rp24 triliun dan kisaran dana yang akan dikeluarkan oleh para calon bupati, wali kota, gubernur itu bisa sekitar minimal Rp10 triliun sendiri.

2. Kebangkitan ekonomi Indonesia dengan Pemilihan Serentak

Pemilihan Serentak 2020 Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan Ilustrasi Pilkada Serentak 2020 (IDN Times/Arief Rahmat)

“Sehingga pada saat pemilihan kemungkinan Rp34-35 triliun dana beredar tentu akan meningkatkan konsumsi terutama untuk alat peraga bagi para calon termasuk di antaranya masker, hand sanitizer dan alat kesehatan lain,” ucap Airlangga beberapa waktu lalu.

Mendukung pernyataan tersebut, salah satu isu penting terkait Pemilihan Serentak 2020 menurut Plt. Kepala Biro Humas Kominfo, Fernandus Setu adalah isu mengenai kebangkitan ekonomi lewat Pemilihan. Menurutnya, Pemilihan Serentak 2020 dapat menjadi momentum kebangkitan ekonomi Indonesia yang terpuruk karena pandemi.

3. Kesehatan dan perekonomian harus berjalan beriringan

Pemilihan Serentak 2020 Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

“Hal penting lainnya selain kesehatan (dalam Pemilihan Serentak) adalah ekonomi kita harus pulih. Pemilihan Serentak menggerakkan ekonomi kita, karena produksi alat peraga kampanye, alat pelindung diri dan lain-lain. Makanya, kalau pemilihan ditunda, berarti ada potensi ekonomi yang juga tertahan. Isu ekonomi ini menjadi menarik karena menunjukkan ke publik betapa pentingnya Pemilihan dilaksanakan di tahun ini,” ujar Fernandus.

Meskipun pandemi ini masalah utamanya adalah kesehatan, Fernandus menyebut antara kesehatan dan perekonomian harus berjalan beriringan agar masyarakat bisa tetap hidup dalam mencari mata pencaharian.

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya