PPKM Hari Ke-4, Polri Tindak Tegas Perilaku yang Rugikan Masyarakat 

Deteksi intensif terhadap informasi yang berkembang

Jakarta, IDN Times - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memastikan akan menindak tegas terhadap segala perilaku yang merugikan masyarakat, terutama pada masa pandemik COVID-19 seperti saat ini. 

"Situasi sulit ini jangan dimanfaatkan oleh pihak mana pun untuk mencari keuntungan. Polri akan melakukan tindakan tegas terhadap perilaku yang tidak bertanggung jawab dalam situasi sulit seperti ini," ujar Kepada Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono, Senin (5/7/2021).

1. Isu kelangkaan tabung oksigen jadi perhatian Polri

PPKM Hari Ke-4, Polri Tindak Tegas Perilaku yang Rugikan Masyarakat Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Rusdi Hartono (Dok. Humas Polri)

Rusdi juga menambahkan, Polri melakukan aktivitas deteksi intensif terhadap berbagai informasi dan isu yang berkembang di masyarakat, sekaligus mempersiapkan langkah antisipasinya. 

"Isu tentang kelangkaan obat, kelangkaan tabung oksigen tentunya menjadi perhatian dari Polri bagaimana isu itu bisa ditanggulangi," jelas Rusdi.

Baca Juga: Kominfo Gandeng BSSN Bentuk KCSIRT untuk Keamanan Siber

2. Keselamatan rakyat menjadi hukum tertinggi

PPKM Hari Ke-4, Polri Tindak Tegas Perilaku yang Rugikan Masyarakat Kepadatan kendaraan di ruas Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur, Senin (5/7/2021) pada hari ketiga pemberlakuan PPKM Darurat. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Lebih lanjut Rusdi menjelaskan bahwa pihaknya memahami kesulitan-kesulitan yang dialami masyarakat saat pemberlakuan PPKM Darurat.

Namun ia menegaskan, kebijakan yang diambil pemerintah didasarkan dengan situasi terkini akibat penyebaran virus COVID-19 di Indonesia yang belum mereda. 

"Keselamatan rakyat menjadi hukum tertinggi, sehingga hal yang dilakukan Polri beserta instansi lainnya tidak lain dan tidak bukan menjaga keselamatan rakyat Indonesia," ujarnya.

3. Berikan edukasi dan informasi secara masif

PPKM Hari Ke-4, Polri Tindak Tegas Perilaku yang Rugikan Masyarakat Ilustrasi PPKM mikro (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Brigjen Rusdi juga menyampaikan, Polri terus memberikan edukasi dan informasi secara masif kepada masyarakat mengenai PPKM Darurat yang sedang diberlakukan.

Dengan begitu, dia berharap masyarakat memahami dan secara sadar akan melaksanakan segala aturan yang terkait PPKM Darurat. 

"Tetap bersatu melawan COVID-19 semoga apa yang kita lakukan mendapatkan ridho Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa," ujar Brigjen Rusdi. (WEB)

Baca Juga: Bangkitkan Ekonomi Digital Desa, Kominfo Gelar Siberkreasi Local Fest 

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya