Satgas Medsos Kominfo Kebut Produksi Konten Jelang Hari Pemilihan

Upaya sosialisasi dan mengedukasi masyarakat terkait pemilu

Jakarta, IDN Times – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah melakukan berbagai upaya sosialisasi dan mengedukasi masyarakat terkait Pemilihan Serentak 2020. Hari pemungutan dan penghitungan suara tinggal menyisakan tiga pekan lagi. 

Dirjen Informasi dan Komunikasi (Kominfo) Prof. Dr. Widodo Muktiyo menegaskan pihaknya akan meningkatkan produktivitas konten di media sosial yang berkaitan dengan Pemilih Cerdas, Pemilih Sehat dan Pemilih Damai. Ia mengarahkan agar Satgas Media Sosial yang merupakan bagian dari Kominfo meningkatkan produksi dan distribusikan informasi pemilihan kepada masyarakat.

1. Konten harus membangun optimisme masyarakat

Satgas Medsos Kominfo Kebut Produksi Konten Jelang Hari Pemilihanunsplash.com/@dole777

“Kita tularkan dan kita informasikan kepada masyarakat, kita sharing informasi. Satgas Media Sosial harus banyak memproduksi pesan-pesan seiring semakin dekatnya pelaksanaan Pemilihan Serentak 2020,” ujar Widodo.

Konten yang diproduksi, lanjut Widodo, harus membangun optimisme masyarakat dan mengajak masyarakat untuk memilih pemimpin yang terbaik. Pesan ini menurutnya harus didiseminasikan dengan baik oleh Satgas Media Sosial.

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Guyub dalam Pemilihan Serentak 2020

2. Pemimpin harus akseleratif

Satgas Medsos Kominfo Kebut Produksi Konten Jelang Hari PemilihanIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut Widodo, siapa pun yang menang nanti dapat menjadi pemimpin daerah yang visioner dan mampu membangun daerahnya dengan cepat.

“Pesannya, mari kita songsong pemilihan dengan penuh optimisme, untuk melahirkan pemimpin yang visioner, bisa mengatasi Covid-19, dan pemimpin yang transformatif, mengedepankan bagaimana kita akan masuk ke masyarakat digital. Kita ingin punya pemimpin yang mampu membangun daerah secara akseleratif,” imbau Widodo.

Baca Juga: Tak Ada Lagi Kampanye Akbar, Kominfo Berikan Tips Jadi Pemilih Cerdas

3. KPU juga turut memproduksi konten-konten terkait kesehatan selama pemilu

Satgas Medsos Kominfo Kebut Produksi Konten Jelang Hari PemilihanIlustrasi Pendaftaran KPU (IDN Times/Sukma Shakti)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga tidak ketinggalan dalam berkampanye untuk mencerdaskan pemilih lewat media sosial. KPU juga memproduksi konten-konten yang berkenaan dengan kesehatan pemilih di TPS.

“Prinsip Pemilihan Serentak 2020 adalah  kesehatan dan keselamatan masyarakat bisa tercapai. Itu selalu KPU sampaikan berkali-kali di media sosial kita seperti Instagram, Twitter, YouTube dan lain-lain,” ujar Deputi Bidang Dukungan Teknis KPU, Eberta Kawima.

Topik:

  • Jordi Farhansyah
  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya