Siberkreasi Award: Ajang Apresiasi Kreativitas Warganet Indonesia

Hadirkan berbagai rangkaian acara

Jakarta, IDN Times – Di penghujung tahun 2021 ini, Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi mengadakan rangkaian acara pamungkas bertajuk Literasi Digital Netizen Fair 2021 yang diadakan di berbagai ibukota provinsi di Indonesia, dengan acara puncak di Nusa Dua, Bali. Secara khusus, dalam kegiatan puncak di Bali, acara ini tidak hanya menghadirkan berbagai pakar yang menjadi narasumber dalam berbagai kelas-kelas pelatihan dan talkshow, tetapi juga menghadirkan artis-artis nasional seperti Tulis, HiVi, RAN, Maliq & D’Essentials, Yura Yunita, serta berbagai pengisi acara menarik lainnya.

Acara ini dibuka oleh Semuel A. Pangerapan selaku Dirjen APTIKA Kementerian Kominfo, yang menegaskan bahwa upaya peningkatan literasi digital harus dilakukan secara masif dan mampu menjangkau seluruh masyarakat Indonesia, tanpa terkecuali. “Hal ini harus dilakukan karena dalam transformasi digital, prinsip yang dikedepankan adalah nobody left behind, yaitu kita tidak boleh meninggalkan seorang pun dalam agenda percepatan transformasi digital,” tambahnya. 

1. Datangkan ribuan peserta baik online maupun offline

Siberkreasi Award: Ajang Apresiasi Kreativitas Warganet IndonesiaDok. Kominfo

Literasi Digital Netizen Fair 2021 di Bali berhasil mendatangkan 2.000 peserta luring dan lebih dari 48.000 peserta daring, kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid ini menuai dukungan serta antusiasme yang luar biasa dari berbagai pihak.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kemenkominfo karena telah mengadakan Literasi Digital Netizen Fair 2021. Acaranya seru, lucu, asik, dan yg pasti informatif banget. Kami para mahasiswa jadi banyak tahu tentang dunia digital. Harapan saya, semoga acara seperti diadakan setiap tahun dengan mengundang lebih banyak mahasiswa,” kata Corina, peserta yang berasal dari Universitas Mahasaraswati Denpasar.

“Acaranya seru banget, pembahasannya keren tapi tetep pembawaan ringan. Harapannya kedepan, netizen indonesia bisa terus maju dan ber-value untuk tetap bisa mengikuti perkembangan teknologi. Terimakasih!,” ujar Yoksan, salah satu peserta Netizen Fair 2021 yang berasal dari Studio Animasi (BBFB).

2. Pemberian penghargaan Siberkreasi Award

Siberkreasi Award: Ajang Apresiasi Kreativitas Warganet IndonesiaAcara talk show Siberkreasi Local Fest. (Dok. Kominfo)

Lebih lanjut, diadakan pula Siberkreasi Award sebagai penutup dari acara puncak Netizen Fair kali ini. Siberkreasi award merupakan ajang apresiasi terhadap kreativitas-kreativitas warganet Indonesia yang diimplementasikan melalui penganugerahan dan rekognisi terhadap pemenang dari berbagai lomba dan challenge yang diadakan oleh Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi.

“Wah ini acaranya sih seru banget sih. Dan aku ngga nyangka juga bisa terpilih di kategori-kategori literasi digital ini!” ujar Aji Kurnia, pemenang lomba video literasi digital kategori Aman Berdigital Siberkreasi Award.

“Acaranya menginspirasi banget buat kita berdua, dan semoga dengan karya yang kita suguhkan menjadi inspirasi untuk banyak orang, dan event-event seperti ini terus berlanjut,” tambah Wahid Shofauzadi, pemenang kategori Sinematografi lomba video literasi digital.

3. Pemenang dari Siberkreasi Award

Siberkreasi Award: Ajang Apresiasi Kreativitas Warganet IndonesiaDok. Kominfo

Kategori yang dilombakan dan pemenang dari Siberkreasi Award ini ialah:


1. LOMBA VIDEO LITERASI DIGITAL SINEMATOGRAFI

Wahid Shofauzadi

Merdeka Berdigital

2. LOMBA VIDEO LITERASI DIGITAL AMAN BERDIGITAL

AJI KURNIA

Don't Post Your Data On Your Social Media

3. LOMBA VIDEO LITERASI DIGITAL CAKAP BERDIGITAL

PATANG PULUH PATANG (ARDY)

Selebgram Tragis Berakhir Penulis

4. LOMBA VIDEO LITERASI DIGITAL ETIKA BERDIGITAL

DWI DIATMIKA

Jejak Digital Dapat Menentukan Masa Depan

5. LOMBA VIDEO INI DAERAHKU, INI INDONESIAKU

WINNER 2

VIRA WIDHIA & FAIDHATU ROHMAH

Kota Blitar

6. LOMBA VIDEO INI DAERAHKU, INI INDONESIAKU

WINNER 3

NOURAN LANZUID

Tegal Taman, Indramayu Ngunjung

 7. LOMBA FILM PENDEK LITERASI DIGITAL SINEMATOGRAFI

ROTARI FILM

Semu

8. LOMBA FILM PENDEK LITERASI DIGITAL AMAN BERDIGITAL

EXPRO

Goodbye Gaptek! Cerdas Belanja Online

9. LOMBA FILM PENDEK LITERASI DIGITAL CAKAP BERDIGITAL

SMKN 6 JAKARTA

Goodbye Gaptek " Terus Belajar"

10. LOMBA FILM PENDEK LITERASI DIGITAL ETIKA BERDIGITAL

SINEMATOGRAFI CLUB SANYO

Dunia Maya vs Dunia Nyata

11. LOMBA FILM PENDEK LITERASI DIGITAL BUDAYA BERDIGITAL

PUNAKAWAN

Pahlawanku Untuk Kesembuhan Negri

 12. PESERTA TERAKTIF KELAS PODCAST

Farid Mardhianto

13. PESERTA TERAKTIF KELAS PUBLIC SPEAKING

Kylau Hermayanthi Putri Pasu

14. PESERTA TERAKTIF KELAS ANIMASI

Richie Rizkya

Ke depannya, challenge dan lomba-lomba terkait literasi digital ini akan terus dilakukan secara rutin. Kelas-kelas gratis dan terbuka untuk seluruh masyarakat umum pun juga akan terus dilaksanakan.

Untuk informasi lebih lanjut baik terkait kelas-kelas pelatihan literasi digital, lomba-lomba, konten literasi digital, serta berbagai challenge, dapat diakses melalui info.literasidigital.id.

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya