Gubernur Jatim Siap Jadi Tuan Rumah Silaturahmi Bahas Kerusuhan Papua

Gubernur Khofifah akan mengunjungi asrama Papua

Jakarta, IDN Times - Indonesia baru saja menggelar pesta HUT ke-74 RI yang jatuh pada 17 Agustus 2019. Tapi sangat disayangkan, suasana HUT kemerdekaan RI harus diwarnai dugaan tindak diskriminasi di Surabaya, Semarang, dan Malang akhir pekan lalu. Bahkan, sejumlah mahasiswa asal Papua di Surabaya, Jawa Timur dikepung karena dituduh merusak bendera merah putih yang dipasang di depan asrama. 

Peristiwa ini kemudian menyulut emosi sejumlah warga dan mahasiswa di Papua yang berujung blokade sejumlah jalan di Manokwari, Papua Barat, pada Senin (19/8) sekitar pukul 07.30 WIT. Di antaranya di Jalan Yos Sudarso, jalan utama kota tersebut. Mereka juga menebang pohon, membakar ban dan spanduk. Lalu lintas lumpuh, hingga pembakaran gedung DPRD Papua Barat dan eks rumah gubernur.

Menanggapi kasus ini, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa lekas mengambil tindakan. Ia siap menjadi tuan rumah silaturahmi bersama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Gubernur Papua Lukas Enembe dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan untuk menyelesaikan kisruh di Papua.

“Jikalau berkenan digelar di Jatim, tentu kami akan bersuka cita menerimanya,” ujar Khofifah usai menggelar pertemuan dengan Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS) di rumah dinas Kapolda Jatim Surabaya, Senin malam (1/8) seperti yang dilansir Antara.

Baca Juga: DPR Usul Investigasi Kasus Kerusuhan Papua

1. Gubernur Khofifah siap menjadi tuan rumah membahas kisruh di Papua

Gubernur Jatim Siap Jadi Tuan Rumah Silaturahmi Bahas Kerusuhan PapuaDoc. Humas Prov Jatim

Terkait kisruh di Jawa Timur, Gubernur Khofifah menyampaikan tiga hal sebagai bentuk upaya untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Pertama, saling membangun pemahaman karena dirasa sangat penting, supaya tidak mudah menerima informasi atau hoaks, sehingga harus dilakukan klarifikasi serta verifikasi.

Kedua, memunculkan rasa saling percaya dan tidak mudah terpancing. Serta ketiga menumbuhkan sikap respek atau saling menghormati. “Jadi ketiganya harus selalu dibangun, yaitu dengan saling memahami, saling percaya dan saling menghormati,” tutur mantan Menteri Sosial tersebut.

2. Khofifah akan mengunjungi asrama Papua

Gubernur Jatim Siap Jadi Tuan Rumah Silaturahmi Bahas Kerusuhan PapuaFOTO ANTARA/Didik Suhartono/

Upaya lainnya, Khififah dijadwalkan hari ini, Selasa (20/8) akan bertemua dengan Ketua Lembaga Masyarakat Adat Tanah Papua Lenis Kogoya yang juga staf khusus presiden. Mereka akan bertemu di Gedung Negara Grahadi, Jawa Timur.

Bahkan, Lenis dan Khofifah rencananya akan mengunjungi asrama Papua di Kawasan Kalasan, Surabaya, Jawa Timur, untuk bersilaturahmi dengan pemuda Papua.

3. Mahasiswa asal Papua masih boleh melanjutkan pendidikan di Jatim

Gubernur Jatim Siap Jadi Tuan Rumah Silaturahmi Bahas Kerusuhan PapuaANTARA FOTO/Novrian Arbi

Dengan adanya kisruh yang melibatkan mahasiswa asal Papua di Jawa Timur, Khofifah mengatakan mahasiswa asal Papua tetap dapat melanjutkan pendidikannya di seluruh perguruan tinggi di Jatim.

“Saya sudah telepon ke gubernur (Papua) dan Wagub Papua Barat. Pak Gubernur Papua mungkin Beliau akan ke Jatim ketemu bareng-bareng mahasiswa Papua,” tutur Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Senin (19/08).

4. Pemerintah Jatim akan siapkan asrama untuk mahasiswa dari semua daerah

Gubernur Jatim Siap Jadi Tuan Rumah Silaturahmi Bahas Kerusuhan PapuaDoc. Humas Prov Jatim

Khofifah juga mengatakan pihaknya telah membahas terkait fasilitas asrama mahasiswa dari berbagai daerah. Asrama tersebut diharapkan dapat menampung mahasiswa dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia, dengan kuota tertentu.

Misalnya, mahasiswa Kalimantan berapa, Papua dan Papua Barat berapa, Sulawesi dan Sumatera berapa. Karena sesungguhnya beberapa perguruan tinggi negeri juga telah menyiapkan asrama-asrama, terutama pada tahun pertama kuliah.

Baca Juga: Polri Deteksi 5 Akun Medsos yang Diduga Memprovokasi Massa di Papua

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya