Akui Minim Pengalaman, Gibran Ingin Wakilnya Tokoh Senior PDIP

Tujuannya supaya bisa bersinergi untuk memajukan Kota Solo

Surakarta, IDN Times - Hingga saat ini belum tahu siapa nama yang bakal mendampingi calon Wali Kota Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka maju dalam Pilkada 2020 mendatang. Namun, putra sulung Presiden Joko Widodo itu memberikan kriteria sosok yang nantinya ideal menjadi pasangannya. Suami Selvi Ananda itu berharap pendampingnya adalah seorang figur senior dari kalangan PDIP.

Baca Juga: Jika Tak Direkom, Gerindra, PKS, dan Golkar Siap Usung Gibran di Solo

1. Gibran menyerahkan sosok wakil wali kota ke PDIP

Akui Minim Pengalaman, Gibran Ingin Wakilnya Tokoh Senior PDIPFit and proper test tiga calon wali kota solo di DPP PDI Perjuangan. (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Pada jumpa pers yang digelar Selasa (11/2), Gibran  menceritakan ihwal pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang ia lakukan di kantor DPP PDIP Jakarta. Dalam uji kelayakan tersebut, Gibran mengatakan tidak ada bahasan soal rekomendasi nama calon wakil wali kota untuknya. Ia menyerahkan seluruh keputusan kepada partai.

"Kemarin saat fit and proper test tidak bahas rekomendasi atau wakil. Tunggu keputusan ketua umum saja, mungkin akhir bulan atau awal bulan Maret," ujar ayah Jan Ethes tersebut di Solo.

2. Gibran mendamba seorang tokoh senior PDIP menjadi wakilnya

Akui Minim Pengalaman, Gibran Ingin Wakilnya Tokoh Senior PDIPIDN Times/Larasati Rey

Jika diberi amanat dari PDIP untuk menjadi calon Wali Kota Solo, Gibran berharap pendampingnya dalam Pilkada Solo 2020 adalah sosok senior. Menurutnya, hadirnya sosok senior tersebut bisa mengisi kekurangannya dan bersinergi.

Selain itu juga harus bisa cepat beradaptasi turun ke lapangan dan mengetahui keadaan di lapangan.

"Kekurangan saya, saya kan masih baru di politik pengalaman juga belum banyak. Jadi inginnya pendamping yang sudah matang, yunior dan senior bisa saling mengisi," jelasnya.

3. Blusukan membuat elektabilitas Gibran naik

Akui Minim Pengalaman, Gibran Ingin Wakilnya Tokoh Senior PDIPIDN Times/Larasati Rey

Sembari menunggu hasil rekomendasi dari PDIP, Gibran mengaku akan tetap melakukan kegiatan sehari-hari, yakni blusukan ke kampung-kampung untuk bertemu dengan warga. Hal itu dilakukan untuk mengetahui lebih detail keluhan dan permasalahan yang ada di Kota Solo.

Tak hanya itu, terjunnya Gibran di tengah warga juga membuat elektabilitasnya meningkat, berdasarkan hasil survei yang dilakukan tim internal miliknya.

“Perkembangan survei internal meningkat. Tidak dirilis, kita simpan saja. Masalah angka nanti saja. Dari hasil survei kemarin tunjukkan hasil. Tren naik, berati mesin politik kita jalan,” ungkap Gibran.

Baca Juga: Achmad Purnomo Legawa Jika PDIP Pilih Gibran Jadi Cawalkot Solo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya