Comscore Tracker

Sambut Hari Batik 2 Oktober, Warga Solo Diimbau Pakai Batik 5 Hari

Sebagai upaya melestarikan warisan budaya dan leluhur bangsa

Solo, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah, mengimbau seluruh pimpinan, staf instansi maupun swasta, dan warga Kota Solo untuk memakai baju batik selama lima hari ke depan.

Imbauan ini dikeluarkan untuk menyambut Hari Batik Nasional, yang jatuh pada 2 Oktober 2020. 

Baca Juga: [FOTO] Mengangkat Pamor Batik Warak Ngendog di Hari Batik Nasional

1. Pemakaian baju batik mulai 28 September hingga puncak Hari Batik pada 2 Oktober 2020

Sambut Hari Batik 2 Oktober, Warga Solo Diimbau Pakai Batik 5 HariIDN Times/Larasati Rey

Guna mempertegas aturan tersebut, Pemkot Solo membuat Surat Edaran (SE) tentang Peringatan Hari Batik Nasional Tahun 2020 yang ditandatangani oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Senin (28/9/20).

Dalam SE itu tertulis, pemakaian baju batik selama 5 hari mulai tanggal 28 September 2020 hingga puncak Hari Batik pada 2 Oktober 2020.

2. Sebagai upaya melestarikan warisan budaya dan leluhur bangsa

Sambut Hari Batik 2 Oktober, Warga Solo Diimbau Pakai Batik 5 Hari(Ilustrasi kain Batik) ANTARA FOTO/R. Rekotomo

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, imbauan untuk menggunakan batik ini tak luput dari peran serta Pemkot Solo dalam rangka melestarikan warisan budaya dan leluhur bangsa.

Ia mengatakan, batik memiliki filosofi yang luar biasa, mulai dari pembuatannya yang terbilang sulit serta membutuhkan kesabaran, hingga kreativitas seni yang terkandung di dalamnya.

Ia mengaku pada hari pertama penerapan SE pemakaian batik masih banyak aparatur sipil negara (ASN) yang salah kostum. "Dengan adanya Hari Batik ini, semua pakai batik, tadi ada yang salah kostum karena baru hari ini SE-nya saya tandatangani, tetapi besok saya jamin semua sudah pakai batik," ungkapnya Senin (28/9/20).

3. Gelar serangkaian acara di Hari Batik

Sambut Hari Batik 2 Oktober, Warga Solo Diimbau Pakai Batik 5 HariSeorang pembatik asal Solo sedang membatik di atas pola batik. IDNTimes/Larasati Rey

Untuk memperingati Hari Batik, Pemkot Solo menggelar serangkaian kegiatan di antaranya Solo Batik Fashion (SBF), yang akan digelar secara virtual dan akan tayang di channel Youtube dan Instagran Pariwisata Solo dan Solo Batik Fashion 2020.

Acara yang mengambil tema 'Pesona Batik Nusantara' tersebut akan menampilkan 200-an koleksi busana batik dari 25 perancang busana, yang berasal dari Solo dan berbagai wilayah di Indonesia.

Solo Batik Fashion 2020 akan digelar pada Jumat dan Sabtu, 2-3 Oktober 2020 di Ballroom, The Sunan Hotel Solo pada pukul 19.00 WIB.

Baca Juga: Eks Napi Teroris Beri Bantuan Masker Batik Cegah Penyebaran COVID-19

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya