Manfaatkan Haters, Rahasia Sukses Gibran Kelola Bisnis Lewat Instagram

Cara berbisnis anak Presiden

Solo, IDN Times  - Saat menghadiri seminar pelatihan ‘Era Bisnis di Instagram’ yang digelar di Solo Baru, Sabtu (14/12). Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka membeberkan rahasianya yang sukses mengelola promosi bisnis melalui Instagram.

Baca Juga: [FOTO] Aktivitas Warga Semarang Pakai GoPay Dari Berobat hingga Jajan 

1. Hater jadi potensi promosi

Manfaatkan Haters, Rahasia Sukses Gibran Kelola Bisnis Lewat InstagramIDN Times / Larasati Rey

Dalam setiap mulali usaha barunya, Gibran selalu memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi, salah satu media Instagram. Memiliki banyak follower membuatnya mudah untuk memasarkan produk-produknya.

Namun tak semua follower tersebut adalah follower yang baik, banyak juga hater atau pembenci yang selalu melancarkan komentar-komentar buruk terhadapnya. Adanya hater tersebut tal serta merta membuat ayah dari Jan Ethes merasa putus asa, ia justru memanfaatkan hater tersebut sebagai ladang untuk promosi dan mencari ide.

Ia bahkan memiliki salah satu staff khusus yang bertugas untuk mencari komentar-komentar hater paling buruk di laman media sosialnya.

“Hater itu kan harus dipelihara, Kalau gak ada hater gak bisa viral,” ungkapnya saat menjadi pembicara.

2. Memiliki mental kuat dan kolaborasi, tips sukses bisnis ala anak Presiden Jokowi

Manfaatkan Haters, Rahasia Sukses Gibran Kelola Bisnis Lewat Instagraminstagram.com/kaesangp

Selain harus memiliki mental kuat terhadap komentar pedas yang muncul pada setiap produknya, Gibran juga membeberkan pentingnya kolaborasi dalam setiap membuka usaha baru. Kolaborasi diperlukan bagi setiap wirausaha yang tidak punya modal namun memiliki ide usaha yang menjanjikan.

“Berkolaborasi itu sangat penting dan memilih patner sangat penting. Memulai usaha tidak harus punya uang, ide dan memulai usaha itu harus punya modal,” ungkap Gibran.

3. Visual branding perkuat karakter produk

Manfaatkan Haters, Rahasia Sukses Gibran Kelola Bisnis Lewat Instagrammommyasia.id

Menjadi seorang pelaku UMKM yang kreatif tak lepas dari image dan karakter setiap produknya. Media sosial Instagram membantu menampilkan visual yang bisa manarik konsumen untuk membelinya. Adanya visual branding dan packaging yang menarik menjadi salah satu modal agar produk tersebut meyakinkan.

Gibran juga mengajak para pelaku usaha di kota Solo untuk tidak kalah saing dengan pegusaha di luar, ia mengatakan jika Kota Solo memiliki potensi dan iklim usaha yang baik untuk memulai usaha.

“Solo itu potensinua banyak, pabrik dan pegawai-pegawai di Solo itu gampang dikendalikan, orang Solo itu nurut, pekerja keras dan gak sering demo,” ujar Gibran.

Kegiatan kolaborasi antara Indosat Ooredo dengan Instagram dan Kreavi ini bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM muda atau wirausaha muda dalam mengembangkan bisnis sehingga mendapatkan kemajuan ekonomi Indonesia.

Baca Juga: 10 Potret Gaya Gibran saat Daftar Balon Wali Kota Solo ke PDIP Jateng

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya