Comscore Tracker

Ternyata Haters Jadi Rahasia Sukses Gibran Rakabuming Kelola Bisnis

Haters menurut Gibran justru berperan dalam kemajuan bisnis

Solo, IDN Times - Gibran Rakabuming Raka membeberkan rahasia suksesnya mengelola promosi bisnis melalui Instagram, yakni memanfaatkan haters yang diakui bisa membuat usahanya lebih dikenal masyarakat. Salah satu bisnis yang hingga saat ini sukses dikelola Gibran adalah Chilli Pari Catering.

Putra sulung Presiden Joko 'Jokowi' Widodo itu mengungkap rahasia bisnisnya saat menghadiri seminar pelatihan ‘Era Bisnis di Instagram’ yang digelar di Solo Baru, Sabtu (14/12).

1. Haters dimanfaatkan Gibran sebagai ladang untuk promosi dan mencari ide bisnisnya

Ternyata Haters Jadi Rahasia Sukses Gibran Rakabuming Kelola Bisnis(Gibran Rakabuming saat menghadiri diskusi di UNS) Instagram.com/@chillipari

Gibran selalu memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi usahanya, salah satunya Instagram. Memiliki banyak followers membuatnya mudah untuk memasarkan produk-produknya.

Namun tak semua followers tersebut adalah pengikut yang baik, banyak juga haters atau pembenci yang selalu melancarkan komentar-komentar buruk terhadapnya. Adanya haters tersebut tak serta merta membuat ayah dari Jan Ethes merasa putus asa, ia justru memanfaatkan kelompok sebagai ladang untuk promosi dan mencari ide.

Ia bahkan memiliki salah satu staf khusus yang bertugas untuk mencari komentar-komentar haters paling buruk di laman media sosialnya.

Haters itu kan harus dipelihara, kalau gak ada haters gak bisa viral,” ungkapnya saat menjadi pembicara.

Baca Juga: Gibran Daftar Jadi Calon Wali Kota Solo di Tanggal Cantik, 1212 

2. Pengusaha harus memiliki mental kuat terhadap komentar pedas dari haters

Ternyata Haters Jadi Rahasia Sukses Gibran Rakabuming Kelola Bisnisinstagram.com/kaesangp

Selain harus memiliki mental kuat terhadap komentar pedas yang muncul pada setiap produknya, Gibran juga membeberkan pentingnya kolaborasi dalam setiap membuka usaha baru. Kolaborasi diperlukan bagi setiap wirausaha yang tidak punya modal namun memiliki ide usaha yang menjanjikan.

“Berkolaborasi itu sangat penting dan memilih partner sangat penting. Memulai usaha tidak harus punya uang, ide dan memulai usaha itu harus punya modal,” ungkap Gibran.

3. Visual branding perkuat karakter produk

Ternyata Haters Jadi Rahasia Sukses Gibran Rakabuming Kelola Bisnis(Grand opening Mangkok Ku dan Goola milik Gibran Rakabuming di Mall Kota Kasablanka) Instagram.com/@chillipari

Menjadi seorang pelaku UMKM yang kreatif tak lepas dari image dan karakter setiap produknya. Media sosial Instagram membantu menampilkan visual yang bisa manarik konsumen untuk membelinya. Adanya visual branding dan packaging yang menarik menjadi salah satu modal agar produk tersebut meyakinkan.

Gibran juga mengajak para pelaku usaha di kota Solo untuk tidak kalah saing dengan pengusaha di luar, ia mengatakan jika Kota Solo memiliki potensi dan iklim usaha yang baik untuk memulai usaha.

“Solo itu potensinya banyak, pabrik dan pegawai-pegawai di Solo itu gampang dikendalikan, orang Solo itu nurut, pekerja keras dan gak sering demo,” ujar Gibran.

Kegiatan kolaborasi antara Indosat Ooredo dengan Instagram dan Kreavi ini bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM muda atau wirausaha muda dalam mengembangkan bisnis sehingga mendapatkan kemajuan ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Goola, Minuman Kekinian dari Gibran Anak Jokowi

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You