Comscore Tracker

Groundbreaking, Masjid Hadiah Pangeran UEA ke Jokowi Dibangun Mewah

Masjid Raya Sheikh Zayed bisa tampung 10 ribu jemaah

Solo, IDN Times - Masjid Raya Sheikh Zayed mulai dibangun di Solo, Jawa Tengah. Masjid hadiah dari pangeran Uni Emirat Arab (USA) untuk Presiden Joko "Jokowi" Widodo ini akan dibangun mewah dan dibuat miniatur seperti masjid aslinya di Abu Dhabi.

Peletakan batu pertama dihadiri langsung oleh Menteri Energi dan Infrastruktur UEA HE. Suhail Mohammed Al Mazroui, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir, dan sejumlah perwakilan negara UEA.

Baca Juga: Kota Solo Bakal Punya Miniatur Masjid Sheikh Zayed Abu Dhabi

1. Masjid akan dibangun serupa Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi seperti miniaturnya

Groundbreaking, Masjid Hadiah Pangeran UEA ke Jokowi Dibangun MewahMasjid Raya Sheikh Zayed di Abu Dhabi, UEA. (insiders-uae)

Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo di lahan bekas depo Pertamina, Gilingan, Banjarsari, Solo, digelar pada Sabtu, 6 Maret 2021. Masjid tersebut dibangun di atas lahan seluas 2.8 hektare dan bisa menampung 10 ribu jemaah.

Bentuk Masjid Raya Sheikh Zayed Solo nantinya akan dibangun serupa dengan desain Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi, UEA. Masjid tersebut bisa dibilang menjadi miniatur Masjid Sheikh Zayed yang sesungguhnya.

2. Masjid Raya Sheikh Zayed Solo jadi simbol persahabatan Indonesia-UEA

Groundbreaking, Masjid Hadiah Pangeran UEA ke Jokowi Dibangun MewahWali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, bersama Ministry of Energy and Insfrastructure UEA HE. Suhail Mohammed Al Mazroui. Dok / Humas Pemkot Solo

Menteri Energi dan Infrastruktur UEA HE. Suhail Mohammed Al Mazroui mengatakan, pembangunan Masjid Syeikh Zayed Solo diharapkan dapat menjadi monumen pengingat persahabatan Indonesia-UEA. Ia juga berharap masjid dibangun menyerupai bentuk bangunan dan desain Masjid Raya Sheikh Zayed di Abu Dhabi.

"Masjid itu (Sheikh Zayed Grand Mosque) arsitektur besar dan luar biasa, bukan hanya tempat ibadah, tapi juga untuk destinasi wisata religi," ujarnya.

Suhail mengatakan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo merupakan hadiah untuk Indonesia dan berharap Indonesia bisa menjadi role model bagi negara lain, karena Indonesia merupakan negara muslim terbesar dunia yang memiliki kekuatan ekonomi yang dapat diperhitungkan.

3. Masjid Raya Sheikh Zayed Solo diharapkan bisa menjadi tempat ibadah sekaligus destinasi wisata religi

Groundbreaking, Masjid Hadiah Pangeran UEA ke Jokowi Dibangun Mewahinstagram.com/sheikhzayedgrandmosque

Suhail juga berharap pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo tidak hanya digunakan untuk tempat ibadah, melainkan juga untuk kegiatan wisata religi di Kota Solo.

"Saya berharap masjid yang dibangun di sini mencerminkan keindahan arsitektur bangunan, dan bisa menjadi sumber wisata religi yang membanggakan dan menarik banyak wisatawan," kata dia.

Sementara, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo akan menjadi tempat peribadatan yang artistik penuh nilai-nilai keagamaan, dan dapat menjadi wisata religi yang membanggakan untuk Jawa Tengah dan Solo, khususnya.

"Masjid adalah bangunan peradaban yang memancarkan nilai makna dan pencerahan kepada masyarakat luas masjid juga merupakan sarana terpenting, dalam upaya kita merawat moral dan mentalitas masyarakat yang bertakwa sejalan dengan misi kerisalahan Islam sebagai rahmatan lil alamin, rahmat bagi alam semesta," kata dia.

"Bangunan Masjid Raya Sahid Solo merupakan monumen persahabatan kedua negara persatuan Emirat Arab dan Republik Indonesia. Masjid Raya Solo akan menjadi salah satu mercusuar syiar Islam di nusantara dan simpul moderasi beragama, dalam rangka mewujudkan perdamaian dunia dan keadilan sosial masjid terindah, yang dibangun dengan hibah penuh dari putra mahkota persatuan Emirat Arab," imbuh Menag.

Baca Juga: Panjang 4 Km, Fakta Jalan Jokowi di Abu Dhabi Dinamakan Presiden RI

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya