Harimau Putih dan Aroma Mistis di Makam Keramat Istri Prabu Siliwangi 

Makam keramat ini sudah ada sejak 600 tahun lalu

Jakarta, IDN Times - Mengunjungi Kebun Raya Bogor, tak lengkap rasanya jika tidak menelusuri situs-situs dan bangunan bersejarah di taman botani terbesar di Indonesia ini. Banyaknya cerita di masa lampau, membuat KRB dipenuhi spot-spot yang sarat dengan sejarah dan nilai budaya.

Siapa sangka di tengah rimbunnya pepohonan di Kebun Raya Bogor, terdapat sebuah kompleks makam keramat yang kerap dikunjungi peziarah, baik dari Kota Bogor maupun dari luar kota.

Makam keramat ini berlokasi di dekat Taman Meksiko, area sebelah timur Kebun Raya Bogor. Permakaman ini terdiri dari 4 makam yang menjadi tempat bersemayamnya keluarga Kerajaan Pajajaran. Berikut makam-makam keramat yang dijumpai IDN Times di Kebun Raya Bogor, Senin (26/8) lalu. 

Baca Juga: Legenda Lady Raffles dan Sosoknya yang Sering Muncul di Danau Gunting

1. Mahkota emas di makam istri Prabu Siliwangi, Ratu Galuh Mangku Alam

Harimau Putih dan Aroma Mistis di Makam Keramat Istri Prabu Siliwangi IDN Times/Lazuardi Putra

Satu makam yang banyak dikunjungi peziarah adalah makam Ratu Galuh Mangku Alam. Ratu Galuh merupakan istri pertama Prabu Siliwangi, penguasa Tanah Pasundan. Makam ini sudah ada sejak 600 tahun lalu, terletak tepat di tengah kompleks permakaman keramat tersebut dan dipagari lagi.

Banyak peziarah yang berkunjung dan memanjatkan doa di makam tersebut, mulai dari pendatang asal Bogor hingga luar kota. 

Di atas makam terdapat replika mahkota emas yang terbuat dari semen. Hal ini menunjukkan bahwa pada zaman dahulu, Ratu Galuh memiliki jabatan tinggi selama masa hidupnya. 

2. Bau kemenyan dan melati di area makam

Harimau Putih dan Aroma Mistis di Makam Keramat Istri Prabu Siliwangi IDN Times/Lazuardi Putra

Saat IDN Times mencoba memasuki area kompleks makam keramat tersebut, suasana sunyi langsung menyergap. Bau khas kemenyan dan bau melati bercampur memenuhi area makam. Berada di bawah pohon rindang yang sudah berumur ratusan tahun, dengan posisi makam seperti di lereng bukit, memberi kesan mistis yang sangat kuat.

Kompleks makam keramat ini dijaga oleh TNI dan juga seorang juru kunci. Pagar warna hijau mengelilingi kompleks makam untuk menjaga kesucian tempat ini. 

3. Makam dua panglima Prabu Lingabuana dan putri Prabu Siliwangi

Harimau Putih dan Aroma Mistis di Makam Keramat Istri Prabu Siliwangi IDN Times/Lazuardi Putra

Dua makam lainnya yang ada di kompleks permakaman ini adalah Mbah Jepra atau Syekh Ja' Far Shodiq dan Mbah Baul atau Syekh Mambaul Ulum. Kedua orang tersebut merupakan panglima Prabu Lingabuana.

Makam Mbah Jepra terletak di kanan makam Ratu Galuh, sementara makam Mbah Baul di atas makam Ratu Galuh.

Di belakang kompleks makam keramat tersebut, terdapat makam Solendang Galuh Pangkuan. Ia merupakan putri Prabu Siliwangi dan Ratu Galuh, yang baru ditemukan setelah pemagaran makam kramat tersebut. 

4. Harimau putih jelmaan Prabu Siliwangi

Harimau Putih dan Aroma Mistis di Makam Keramat Istri Prabu Siliwangi IDN Times/Lazuardi Putra

Atma Wijaya, penjaga serta anak dari juru kunci makam keramat tersebut mengungkapkan, kompleks permakaman dijaga oleh harimau putih yang kasat mata.

Konon katanya, harimau putih tersebut merupakan jelmaan dari Prabu Siliwangi. Prabu Siliwangi kerap mengunjungi makam tersebut untuk menengok dan menjaga tempat peristirahatan terakhir keluarganya itu. 

https://www.youtube.com/embed/WXe8U1VfM4M

Baca Juga: Cerita Mistis di Pemakaman Tua Pejabat Hindia Belanda Kebun Raya Bogor

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya