Kesan Menteri Jokowi Soal Susi Pudjiastuti: Dia Itu Penghangat Suasana

Di mana ada Susi, suasana berubah jadi heboh

Jakarta, IDN Times - Tak terasa masa bakti kabinet Indonesia Kerja berakhir pada Jumat (18/10). Ini termasuk masa kerja Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. 

Sebelum kabinet Indonesia Kerja diisi oleh wajah-wajah baru pada periode selanjutnya, para menteri sempat hadir dalam acara silaturahmi yang digelar di Istana Merdeka pada Jumat (18/10) kemarin. Dalam pertemuan itu, Susi kembali menjadi sorotan dan membuat rekan-rekannya sesama Menteri tertawa. 

Hal itu lantaran ia diledek oleh Menteri lain yang tak ikut mengenakan batik. Ia malah memilih mengenakan dress berwarna shocking pink. 

Tak mau kalah, Susi menjelaskan bahwa syal bermotif bunga yang ia kenakan pada Jumat kemarin bisa dikatakan memiliki motif serupa dengan batik. 

"Iki lho batik! (Ini lho batik)," ujar Susi dalam video yang ia unggah di akun media sosialnya pada Jumat kemarin. 

Sontak para Menteri yang lain tertawa melihat respons Susi. Beberapa Menteri yang lain sempat bertanya kepada eks CEO Susi Air itu mengapa tak mengenakan baju batik. 

"Batikku wes sesek kabeh (batikku sudah sesak semua)," kata Susi lagi. 

Maka, tak heran apabila warganet pun turut tertawa melihat respons Susi. Namun, bagi Menteri lainnya yang bekerja di kabinet Indonesia Kerja, kehadiran Susi memang selalu mengundang tawa. Siapa saja yang berpendapat demikian?

1. Kepala Bekraf Triawan Munaf menilai Menteri Susi selalu menjadi penghangat suasana

Kesan Menteri Jokowi Soal Susi Pudjiastuti: Dia Itu Penghangat Suasanainstagram/humassumut

Video yang menggambarkan tingkah laku Susi itu kemudian turut diunggah ke akun media sosial Kepala Bekraf, Triawan Munaf. Video itu dibanjiri komentar yang sebagian besar menghormati dan salut terhadap keberanian Susi menjadi Menteri Kelautan. 

Namun, Triawan punya penilaian khusus terhadap Susi. Ia menilai Susi adalah sosok individu yang menghangatkan suasana di mana pun ia berada. 

"Ibu Susi Pudjiastuti selalu menghangatkan suasana di Kabinet Kerja. Bekerja serius bukan berarti tidak bisa 'fun.' Penyemangat dan penerobos," demikian tulis Triawan di akun Instagramnya pada Jumat kemarin.

Komentar senada sempat disampaikan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Ia juga menyebut Menteri yang paling dikenal 'berisik' adalah Susi. 

Baca Juga: Jika Tak Jadi Menteri Lagi, Susi Pudjiastuti: Saya Bisa Jadi Wartawan

2. Menteri Susi tak canggung dan cuek tiap kali dikatakan berpenampilan nyentrik

Kesan Menteri Jokowi Soal Susi Pudjiastuti: Dia Itu Penghangat SuasanaInstagram.com/@susipudjiastuti115

Ketika ia baru terpilih sebagai Menteri, penampilan Susi memang terlihat nyentrik. Apalagi ia satu-satunya Menteri perempuan yang diketahui memiliki tato di kaki kanan. Ia juga diketahui merupakan perokok berat, tapi uniknya sering mewanti-wanti masyarakat agar berhenti merokok. 

Ia juga mewanti-wanti masyarakat agar mengganti menu makanan mereka dari daging merah ke ikan. Sebab, ikan banyak mengandung protein yang baik untuk tubuh. 

"Yang tidak makan ikan, saya tenggelamkan," demikian kampanye 'makan ikan' yang disampaikan oleh Susi selama beberapa tahun terakhir. 

Dalam video penampilan Susi yang tak mengenakan batik itu, rupanya viral. Tingkah Susi yang berpose bak model justru semakin membuat publik tertawa. 

3. Enam menteri perempuan di kabinet Jokowi berfoto bersama

Kesan Menteri Jokowi Soal Susi Pudjiastuti: Dia Itu Penghangat Suasana(Enam Menteri perempuan di kabinet Jokowi) www.twitter.com/@susipudjiastuti

Di bagian akhir video itu terlihat Susi dan lima Menteri perempuan lainnya di Kabinet Jokowi berfoto bersama. Mereka yang terekam kamera yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, Menteri BUMN, Rini Soemarno, Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Keenamnya kompak berpose sambil menunjukkan "finger heart" ala penggemar film Korea Selatan. 

Foto itu diunggah ke akun Twitter Susi pada Jumat kemarin dan menuai banjir komentar dari warganet. 

"Kabinet kerja: berfoto bergembira bersama," demikian cuit Susi. 

Warganet pun mengucapkan terima kasih atas pengabdian Susi selama lima tahun terakhir. 

Bagaimana menurut pendapat kalian, guys? 

Baca Juga: 6 Inspirasi Kebaya Susi Pudjiastuti, Aksen Menarik dengan Selendang

Topik:

Berita Terkini Lainnya