Comscore Tracker

Sempat Dikepung Demonstran, Bandara Sorong Papua Mulai Kondusif

Aparat masih berjaga ketat menghindari amukan massa susulan

Jakarta, IDN Times - Aksi massa yang terjadi di Papua melebar hingga ke Sorong. Di kota ini, demonstran berusaha mengepung Bandara Domine Eduard Osok, Senin (19/8) siang. Namun, aparat dengan cepat menghalau demonstran. Seperti disiarkan Kompas TV, terlihat demonstran berlarian meninggalkan bandara menghindari aparat Polri dan TNI. 

Di Sorong, demonstran tidak hanya berusaha menduduki bandara, tapi juga tempat-tempat penting seperti jalan protokol Kota Sorong dan sejumlah permukiman warga. Wali Kota Sorong Lambert Jitmau sampai ikut turun ke lapangan untuk memastikan suasana tetap kondusif. 

Sempat terjadi perusakan di sejumlah fasilitas Bandara Sorong pada pukul 15.00 WIT, dan di saat yang sama terjadi blokade di beberapa titik di Kota Sorong. Mobil polisi pun menjadi korban amukan massa di kawasan bandara. Segala aktivitas penerbangan dari atau menuju Sorong lumpuh total karena kerusuhan ini.

Namun, situasi di Kota Sorong saat ini sudah berangsur-angsur membaik dan kondusif. Meski aparat masih berjaga ketat guna menghindari amukan massa susulan. Saat ini Bandara Sorong masih dalam pemulihan dan pembersihan puing-puing sisa amukan demonstran. Di sejumlah titik di Kota Sorong, massa mulai membubarkan diri.

Baca Juga: Wali Kota Malang Tegaskan Tak Ada Rencana Pemulangan Mahasiswa Papua

Topic:

  • Sunariyah

Just For You