Usai Aksi Damai, Kota Biak Numfor Kini Kondusif dan Aman

Warga kembali beraktivitas seperti semula

Jakarta, IDN Times - Usai aksi damai selama dua hari oleh warga Biak Numfor, Papua, yang menuntut penolakan rasialisme terhadap sejumlah mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur, kini warga Biak Numfor beraktivitas normal kembali.

Sejumlah perkantoran, pusat perbelanjaan, dan beberapa fasilitas publik lainnya berangsur-angsur kembali beroperasi seperti semula. Kendaraan juga mulai meramaikan di beberapa ruas jalan protokol di Biak.

1. Sempat melakukan aksi damai menolak aksi rasialisme terhadap mahasiswa papua

Usai Aksi Damai, Kota Biak Numfor Kini Kondusif dan AmanIDN Times/Lia Hutasoit

Warga Biak melakukan aksi damai menyampaikan aspirasi melalui Bupati Biak, Herry Ario Naap, ditujukan kepada Gubernur Provinsi Papua dan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di depan kantor Pemerintah Kabupaten Biak.

Koordinator Forum Peduli Keadilan Papua, Biek Willem K Rumpaidus, menjembatani suara warga Biak untuk disampaikan kepada Bupati Kabupaten Biak.

"Kami Forum Peduli Keadilan sudah menyerahkan berkas aspirasi warga asli Papua di Biak untuk menjadi perhatian pemerintah pusat," tutur Willem dikutip dari Antara.

Baca Juga: [FOTO] Aksi Unjuk Rasa Mahasiswa Papua di Istana Merdeka 

2. Sejumlah fasilitas publik ditutup selama aksi berlangsung

Usai Aksi Damai, Kota Biak Numfor Kini Kondusif dan AmanANTARA FOTO/Basri Marzuki

Selama aksi damai oleh warga Biak, beberapa pertokoan serta pusat perkantoran diliburkan guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Beberapa sekolah di Kabupaten Biak pun juga sempat diliburkan. 

Usai aksi damai tersebut, Pemkab Biak mengimbau para warga agar tetap menjaga stabilitas dan keamanan di Biak. 

Hingga pukul 18.00 WIT Kamis (22/8) lalu, pusat perbelanjaan sudah kembali dikunjungi oleh warga setempat. Aparat keamanan TNI dan Polri masih berjaga di beberapa objek vital di Biak guna mengantisipasi aksi anarkis di Biak. 

3. Biak mendapatkan apresiasi atas aksi damainya

Usai Aksi Damai, Kota Biak Numfor Kini Kondusif dan AmanIDN Times/Aan Pranata

Dandim 1708/BN Letnan Kolonel Inf, Ricardo Siregar, memberikan apresiasi kepada warga Biak atas keterlibatan warga dalam menjaga suasana tetap kondusif selama aksi damai Selasa hingga Rabu kemarin. 

"Selama dua hari aksi damai menyampaikan aspirasi kepada Pemkab Biak Numfor dan DPRD telah berlangsung aman, lancar, dan damai. Ini patut diberikan apresiasi untuk daerah lain dapat mencontoh Biak," ujar Ricardo saat memberikan pernyataan kepada media massa.

Ricardo berharap agar masyarakat Biak mampu bekerja sama dalam membangun visi serta misi Kabupaten Biak yang diusung oleh Bupati Heri bahwa Biak Religius, Berkarakter, dan Berbudaya.

Baca Juga: Pembatasan Internet di Papua Menuai Protes, Begini Respons Jokowi

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya