Comscore Tracker

12 Jam Diperiksa soal masalah dengan Luhut, Ini Klarifikasi Said Didu 

Said Didu merasa kasusnya dengan Luhut masalah persepsi

Jakarta, IDN Times - Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Said Didu, yang sedang berkasus dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, telah diperiksa oleh penyidik selama 12 jam. Usai diperiksa Said pun mengklarifikasi masalah yang membelitnya.

"Saya menganggap bahwa ini kan adalah persepsi. Jadi menjelaskan persepsi berbeda dengan menjelaskan matematik. Inikan ilmu hukum, bagi saya ilmu hukum agak baru karena saya orang eksakta (ilmu pasti)," kata Said Didu usai diperiksa di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Sabtu (16/5) dini hari.

Baca Juga: Dua Kali Mangkir, Said Didu Akhirnya Penuhi Panggilan Kepolisian 

1. Perbedaan persepsi dengan Luhut harus diluruskan

12 Jam Diperiksa soal masalah dengan Luhut, Ini Klarifikasi Said Didu Menhub Budi Karya dan Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.)

Menurut Said Didu, masalahnya dengan Luhut adalah perbedaan persepsi. Said merasa persepsi itulah yang harus dijelaskan kepada satu sama lain, dan harus diluruskan.

"Jadi persepsi-persepsi itu harus dijelaskan, apa maksud kata-kata ini, dan itu yang harus dijelaskan secara utuh," ujarnya.

2. Merasa pernyataannya dipotong

12 Jam Diperiksa soal masalah dengan Luhut, Ini Klarifikasi Said Didu Istimewa / YouTube Said Didu

Said mengatakan, ada beberapa bagian dari pernyataannya yang dipotong, yang mengakibatkan makna analisis yang ingin dia bahas terkait kebijakan Luhut menjadi berbeda.

"Karena satu analisis itu merupakan suatu kesatuan. Yang problem adalah mungkin ada yang memotong-motong, sehingga maknanya menjadi beda," ujar dia.

3. Analisisnya bersifat objektif dan tidak ada unsur pribadi

12 Jam Diperiksa soal masalah dengan Luhut, Ini Klarifikasi Said Didu Istimewa / YouTube Said Didu

Said Didu menjalani pemeriksaan selama 12 jam di Markas Besar Polri. Dia mengatakan, selama pemeriksaan dia menyampaikan semuanya apa adanya.

Karena memang, menurut dia, kasus analisisnya ini bersifat objektif dan tidak memiliki unsur pribadi. "Saya menyampaikan ke penyidik dengan kooperatif dan diselingi buka puasa," katanya.

4. Dilaporkan karena kasus pencemaran nama baik

12 Jam Diperiksa soal masalah dengan Luhut, Ini Klarifikasi Said Didu Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kanan) berbincang dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Kasus Said Didu mencuat setelah video wawancaranya yang berdurasi 22 menit di YouTube viral.

Salah satu isu yang dibahas Said Didu saat itu adalah soal Menteri Luhut yang bersikeras, agar Menteri Keuangan Sri Mulyani tidak melakukan apa pun soal dana pembangunan ibu kota negara di tengah COVID-19.

Karena dianggap mencemarkan nama baik, Luhut melaporkan Said Didu pada Rabu 8 April 2020.

Baca Juga: Dilaporkan Usai 'Senggol' Luhut, Ini Profil Singkat Said Didu

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya