Comscore Tracker

3 Pesan Habibie kepada Keponakannya, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie

Rusli lebih sering memanggil Habibie dengan sebutan om

Jakarta, IDN Times - Keponakan BJ Habibie sekaligus Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, menjenguk pamannya yang masih dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jalan Abdul Rahman Saleh Raya, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (11/9).

Menurut Rusli, dibandingkan kunjungan yang sebelumnya, keadaan Habibie berangsur membaik. "Saya hanya mengimbau sebagai Gubernur Gorontalo juga keponakan Beliau, agar masyarakat seluruh Indonesia semua berdoa untuk keselamatan dan kesehatan Beliau karena sangat kita butuhkan pemikiran-pemikirannya," ujar Rusli.

Dua minggu yang lalu, Rusli sempat menemani Habibie. Menurutnya, Presiden ke-3 RI itu sering lupa dengan usia yang semakin sepuh dan penyakit yang ada di tubuhnya. Habibie,kata Rusli, masih memiliki semangat yang tinggi.

"Semangat bicara, menasehati kita. Terutama saya sebagai gubernur, sering Beliau menasehati bekerja tulus dan ikhlas tidak macam-macam, yang sangat sering Beliau sampaikan kepada saya," kata keponakan Habibie tersebut.

Rusli meminta agar rakyat Indonesia turut mendoakan kesembuhan sang paman. Rusli menjelaskan bahwa kondisi Habibie beberapa waktu lalu sudah ditahap tidak bisa berbicara.

"Kemarin saya nengok Beliau sudah gak bisa bicara, minggu lalu ketika Beliau masih dirawat di rumah sakit," ujar Rusli.

Dia berencana akan mengadakan doa bersama di rumah jabatan gubernur, serta melangsungkan zikir bersama dengan tokoh masyarakat dan tokoh adat Gorontalo. Namun, ketika ditanya penyakit apa yang menimpa Habibie, Rusli tidak banyak berkomentar.

"Seperti yang disampaikan oleh anak Beliau kemarin, Thareq Kemal. Mohon doanya saja ya," katanya.

Rusli lebih sering memanggil Habibie dengan sebutan "om". Rusli sering mendengar pesan Habibie kepada ponakan-ponakan dan saudara-saudaranya. Kepada Rusli, Habibie kerap mengingatkan 3 pesan padanya.

"Ketika tahun 2008 saya mengikuti pilkada calon bupati, hanya 3 yang Beliau sampaikan. Pertama, tolong kerja benar untuk rakyat, kedua, jaga nama baik keluarga, ketiga, harus bersyukur kepada Allah SWT," kenang Rusli.

Saat mencalonkan diri jadi Gubernur pada 2011, dia juga mendapat pesan dari Habibie untuk tidak pernah membohongi dan meninggalkan rakyat.

"Karena yang menjadikan kamu gubernur karena rakyat, sehingga selalu berpihak pada rakyat dan usahakan kamu melihat rakyat itu apa yang dibutuhkan. Karena untuk membangun daerah, menurut Beliau bukan suatu keinginan kepentingan daerah, tapi sesuai kebutuhan daerah. Itu yang selalu Beliau sampaikan," kata Rusli mengingat pesan sang Habibie.

Baca Juga: Akbar Tandjung: Kita Sangat Membutuhkan Habibie Sebagai Tokoh

Topic:

  • Sunariyah

Just For You