Comscore Tracker

50 Ribu Lebih Warganet Saksikan Upacara HUT ke-76 RI Secara Virtual

Warganet saksikan upacara di istana negara

Jakarta, IDN Times - Lebih dari 50 ribu warganet mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021). Upacara HUT ke-76 RI disaksikan puluhan ribu warganet dari dari media sosial Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). 

Berdasarkan pantauan lebih dari 45 ribu warganet mengakses akun TikTok @kemkominfo, sementara yang menyaksikan dari akun Youtube @kemkominfoTV lebih dari 6.000 warganet. Dan akun Zoom yang dominan dari civitas Kementerian Kominfo sebanyak 1.000 peserta daring.

1. Berterima kasih atas partisipasi masyarakat

50 Ribu Lebih Warganet Saksikan Upacara HUT ke-76 RI Secara VirtualKolonel Penerbang Putu Sucahyadi (kiri) ketika memimpin upacara peringatan detik-detik kemerdekaan di Istana Merdeka pada Selasa, 17 Agustus 2021 (Tangkapan layar YouTube IDN Times)

Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh warganet dalam momen pelaksanaan Upacara HUT RI ke 76 dan mengucapkan selamat ulang tahun Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia. 

“Terima kasih untuk semua rakyat Indonesia, pegawai dan ASN Kominfo. Dirgahayu Indonesia, sekali lagi Dirgahayu Indonesia selamat hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021,” kata dia dalam keterangannya, Selasa.

Baca Juga: [BREAKING] Profil Ardelia Muthia Zahwa, Pembawa Baki Bendera Siswa Jurusan MIPA

2. Johnny kenakan pakaian adat dari Sikka NTT

50 Ribu Lebih Warganet Saksikan Upacara HUT ke-76 RI Secara VirtualMenkominfo, Johnny G. Plate (kominfo.go.id)

Johnny mengatakan bahwa tahun ini adalah tahun yang penuh tantangan bagi Indonesia, namun dia percaya Indonesia bisa tumbuh. Saat mengikuti upacara virtual itu, Menteri Johnny mengenakan pakaian adat Sikka, Flores Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pada bagian atas mengenakan Lesu Widin Tilun yaitu ikat kepala, sembar atau selempang yang disilangkan di dada, baju yang dikenakan disebut Labu, dan kain penutup tubuh bagian bawah yang disebut Lipa. 

3. Jokowi kenakan pakaian adat Lampung

50 Ribu Lebih Warganet Saksikan Upacara HUT ke-76 RI Secara VirtualPresiden Jokowi dalam Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-76 pada Selasa, (17/8/2021) (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana dimulai, Selasa (17/8/2021) pukul 09.00 WIB.

Penampilan Jokowi di Upacara 17 Agustus hari ini begitu dinanti-nanti masyarakat, karena pakaian adat yang dikenakannya. Kali ini, Jokowi mengenakan pakaian adat dari Lampung. Sementara itu, Ibu Negara Iriana mengenakan busana nasional dengan kain songket.

Upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia ini digelar secara virtual, karena gelombang pandemik virus corona yang masih mengancam Indonesia. Pejabat yang hadir pun dibatasi di Istana.

Baca Juga: [BREAKING] Peringati Upacara HUT ke-76 RI, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Lampung

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya