84 Pelanggan Salon di Amerika Serikat Tertular COVID-19 Tukang Cukur

Tujuh pekerja salon lainnya juga terpapar COVID-19

Jakarta, IDN Times - Seorang tukang cukur atau penata rambut di Amerika Serikat menularkan virus corona atau COVID-19 kepada 91 orang.

Dilansir melalui People, penata rambut ini mulai bekerja pada 12 Mei hingga Rabu (20/5). Dia menularkan virus corona kepada 84 pelanggan salon dan tujuh pekerja salon lainnya.

Direktur Departemen Kesehatan Springfield-Greene Clay Goddard menyebutkan kasus ini terjadi di sebuah salon Great Clips, Springfielnd.

1. Penata rambut diyakini tertular saat bepergian

84 Pelanggan Salon di Amerika Serikat Tertular COVID-19 Tukang CukurIlustrasi (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Goddard mengatakan salon ini mulai buka pada 4 Mei 2020. Tes akan dilakukan pada mereka yang pernah mengunjungi salon tersebut.

Belum ketahui secara jelas kapan penata rambut itu dinyatakan positif COVID-19, namun diyakini dia terinfeksi saat bepergian.

Baca Juga: Salon dan Spa Bakal Beroperasi Lagi, Ini Prosedur yang Wajib Dijalani

2. Data pelanggan tercatat dengan baik, sehingga memudahkan pelacakan

84 Pelanggan Salon di Amerika Serikat Tertular COVID-19 Tukang CukurIlustrasi penanganan pasien virus corona. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Pejabat setempat juga melakukan pelacakan kasus COVID-19 dari penata rambu ini. Pihaknya mudah melacak pelanggan karena salon menyimpan catatan pelanggan dengan baik.

"Berita baiknya adalah klien dan penata rambut menggunakan masker," kata Goddard.

3. Melacak ke tempat yang dikunjungi penata rambut

84 Pelanggan Salon di Amerika Serikat Tertular COVID-19 Tukang CukurSuasana sepi di Jalan Sudirman, Jakarta pada Kamis (9/4/2020). (IDN Times/Herka Yanis)

Selain itu, pelacakan kontak juga dilakukan ke tempat-tempat yang dikunjungi penata rambut ini, mulai dari Dairy Queen, Walmart dan apotek CVS.

Setelah kejadian ini, area Great Clips juga dibersihkan secara total. Rekan pemilik salon mengatakan, saat ini penata rambut itu sedang mengikuti saran medis dan melakukan tindakan yang cepat.

Goddard juga menjamin lingkungan itu aman untuk kembali dikunjungi.

Baca Juga: Begini Cara Pebisnis Salon dan Kuliner ini Bertahan di Tengah Pandemik

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya