Comscore Tracker

Ada Demo Lagi, Polda Metro Jaya Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Ada beberapa ruas jalan sudah ditutup sejak semalam

Jakarta, IDN Times - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya sudah menyiapkan skema pengalihan arus lalu lintas. Hal ini berkaitan dengan antisipasi demo kawasan sekitar Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat oleh massa yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) untuk berunjuk rasa menolak pengesahan Undang-Undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja.

"Kami kembali menyiapkan rencana rekayasa lalin di kawasan Istana hari ini. Hindari kawasan Istana Merdeka dan Jalan MH Thamrin," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Kamis 22 Oktober 2020.

1. Rekayasa lalu lintas bersifat situasional

Ada Demo Lagi, Polda Metro Jaya Siapkan Rekayasa Lalu LintasPara mahasiswa kembali berdemonstrasi di depan kantor Gubernur Kaltim pada Rabu, 21 Oktober 2020 (IDN Times/Yuda Almerio)

Sambodo menjelaskan bahwa rencana rekayasa lalu lintas ini akan sifatnya situasional dan baru dilakukan apabila ada kondisi yang mendesak di lapangan. Rekayasa lalu lintas ini dilakukan agar masyarakat dan pengendara yang tidak turut dalam aksi unjuk rasa bisa leluasa menjalakan aktivitas.

Selain itu, dia mengarakan bahwa ada sejumlah ruas jalan yang ditutup sejak pukul 22.00 WIB malam kemarin.

Baca Juga: 270 Orang Ditangkap Polisi saat Demo Tolak Omnibus Law 20 Oktober

2. Ada 500 personel yang berjaga

Ada Demo Lagi, Polda Metro Jaya Siapkan Rekayasa Lalu LintasDirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo (Dok. Ditlantas PMJ)

Dia juga berharap agar para pedemo yang turun ke jalan tidak mengganggu aktivitas masyarakat yang tidak terlibat dan memaklumi adanya rekayasa lalu lintas ini. Para pedemo diminta untuk bisa menggunakan jalan yang sudah disiapkan polisi.

Dengan adanya rencana ini, Sambono juga sudah mengerahkan sejumlah personal.

"Kami kerahkan 500 personel lalu lintas," katanya.

3. Daftar jalan yang dialihkan atau direkayasa

Ada Demo Lagi, Polda Metro Jaya Siapkan Rekayasa Lalu LintasSejumlah kendaraan memadati ruas jalan Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (15/8/2020) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Berikut ini adalah daftar rencana pengalihan arus lalu lintas di kawasan sekitar Istana Negara yang telah disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Veteran 3 diluruskan ke traffic light Harmoni.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara akan dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

4. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda juga dibelokkan ke kiri atau ke kanan ke Jalan Kebon Sirih.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum diarahkan ke kiri maupun ke kanan. Arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.

7. Arus lalu lintas dari l Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok ke kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada.

Baca Juga: Antisipasi Macet Long Weekend, Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Lia Hutasoit

Berita Terkini Lainnya