Ada Kejanggalan, DPRD DKI Tak Segan Hentikan Revitalisasi Monas

DPRD menemukan banyak kejanggalan saat inspeksi mendadak

Jakarta, IDN Times - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke proyek Revitalisasi Monas pada Senin (27/1) siang. Saat melihat langsung lokasi revitalisasi, dia menyatakan tidak segan akan menghentikan proyek ini jika tidak sesuai dengan fungsi awal untuk daerah resapan.

Menurut Prasetyo, ada pelanggaran fungsi awal sehingga Monas harus dikembalikan pada fungsi semula. Jika tidak dapat penjelasan yang mumpuni soal pengalihan fungsi ini, Prasetyo tak segan akan memberhentikan proyek ini.

"Nah ini ada satu pelanggaran fungsi awal yang mungkin nanti saya akan panggil para pihak untuk bisa menjelaskan ini kalau tidak saya hentikan," ujar dia saat ditemui di Monas, Senin (27/1).

1. Kaget karena area serapan dilapisi beton

Ada Kejanggalan, DPRD DKI Tak Segan Hentikan Revitalisasi MonasProyek Revitalisasi Monas (IDN Times/Lia Hutasoit)

Dia merasa kaget saat melihat kondisi tanah di lahan revitalisasi dilapisi oleh beton. Padahal sebelumnya lahan revitalisasi ini adalah area yang masuk dalam daftar lahan terbuka hijau tata ruang.

"Pertama-tama saya agak kaget ya, dengan situasi kondisi saya langsung turun ke lapangan dan melihat revitalisasi Monas yang saya anggarkan, ternyata kok beda dengan apa pemikiran saya," kata dia.

Baca Juga: Heboh Tebang Pohon di Monas, Ini Beda Kebijakan Anies dan Bima Arya

2. Awalnya adalah untuk menata dan memperbaiki Monas

Ada Kejanggalan, DPRD DKI Tak Segan Hentikan Revitalisasi MonasProyek Revitalisasi Monas (IDN Times/Lia Hutasoit)

Sebelumnya, pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menurut Prasetyo memberikan konsep untuk memperbaiki dan menata Monas. Namun, kenyataannya malah memotong dan memindahkan pohon yang ada di area proyek revitalisasi.

"Ini pohon yang puluhan tahun sudah ditanam di sini, di zaman era kepemimpinan sebelumnya," kata Prasetyo.

3. Jika DPRD tahu hal ini dari awal maka izin tidak akan keluar

Ada Kejanggalan, DPRD DKI Tak Segan Hentikan Revitalisasi MonasKetua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi sidak proyek Revitalisasi Monas (IDN Times/Lia Hutasoit)

Prasetyo mengatakan jika sebelumnya ia mengetahui bahwa Monas akan dijadikan seperti ini, maka dia tidak akan memberikan izin.

Menurutnya ada kejanggalan dalam proyek revitalisasi Monas ini karena tidak melakukan perencanaan anggaran terlebih dahulu.

"Nah di sini saya ada satu indikasi kecurigaan, bahwa di sini ada main-main, gitu aja," kata dia.

Baca Juga: Monas Banjir karena Ada Proyek Revitalisasi?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya