Agar Tak Keliru, Polisi Pastikan Wajah Joko Tjandra Cocok dengan E-KTP

Hasilnya, 98,05 persen wajah Joko Tjandra identik

Jakarta, IDN Times - Tim Inafis Bareskrim Polri telah mencocokan wajah terpidana kasus pengalihan hak tagih atau cassie Bank Bali Joko Tjandra dengan teknologi pemindai wajah. Hal ini dilakukan guna memastikan tidak ada yang keliru dari penangkapan Joko.

“Hasil pencocokan wajah oleh Inafis, memang benar Joko Tjandra,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Sabtu (1/8/2020).

Baca Juga: Fakta-fakta Penangkapan Joko Tjandra di Malaysia Usai Buron 11 Tahun

1. Ternyata wajah Joko Tjandra cocok dengan foto saat pembuatan e-KTP

Agar Tak Keliru, Polisi Pastikan Wajah Joko Tjandra Cocok dengan E-KTPBuronan Joko Tjandra tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (30/7/2020) ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Dari hasil pencocokan wajah oleh tim Inafis, ditemukan kesamaan 98,05 persen.

Keidentikan ini dilihat dari foto saat Joko mengenakan rompi oranye khas tahanan, dan potret dirinya saat mengajukan pembuatan e-KTP.

2. Buron 11 tahun, Joko ditangkap di Malaysia

Agar Tak Keliru, Polisi Pastikan Wajah Joko Tjandra Cocok dengan E-KTPJoko Tjandra (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Diberitakan sebelumnya, Bareskrim Polri berhasil menciduk Joko Tjandra setelah buron selama 11 tahun.

Dia ditangkap di Kuala Lumpur, Malaysia dan langsung diterbangkan ke Indonesia pada Kamis, 30 Juli 2020 malam, dan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

3. Joko Tjandra ditahan di Rutan Salemba

Agar Tak Keliru, Polisi Pastikan Wajah Joko Tjandra Cocok dengan E-KTPKabareskrim Polri, Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam Konferensi Pers Penetapan Brigjen Pol. Prasetijo Utomo sebagai Tersangka (Dok. Humas Polri)

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, Joko akan ditahan di Rutan Salemba.

Dia ditahan di Rutan salemba untuk mempermudah tim mengusut kasus surat jalan palsu, yang melibatkan mantan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Prasetijo Utomo.

“Juga kemungkinan lidik terkait adanya aliran dana. Mudah-mudahan sebagai janji kita akan selalu sampaikan sebagai bentuk transparansi kita, sehingga publik bisa iktui perkembangan,” kata Listyo.

Baca Juga: Sebelum Jadi Tahanan Rutan Salemba, Joko Tjandra Sudah Tes COVID-19

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya