Airlangga Dinilai Punya Peluang Besar Maju di Pilpres 2024

Politisi senior Golkar jabarkan alasannya

Jakarta, IDN Times - Walau masih tahun 2021, isu mengenai Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sudah mulai bergejolak. Politisi Senior Partai Golkar Azis Samual menyebut bahwa Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto punya peluang besar di Pilpres 2024.

Azis menanggapi hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang menyebut bahwa PDIP meraih dukungan suara 25,9 persen, diikuti Partai Gerinda 10,9 persen di urutan kedua dan ketiga Partai Golkar 10,7 persen.

Menurut dia, hasil survei ini makin mengukuhkan rasa optimis, karena survei sederhana ini membuktikan bahwa Golkar tak mengalami penurunan dan angka itu tidak jauh dari hasil survei yang dilaksanakan sebelumnya.

"Saya berkeyakinan ke depan akan meningkat," kata dia dilansir ANTARA, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga: AHY dan Airlangga Punya Kans Besar Jadi Kuda Hitam di Pilpres 2024

1. Makin optimistis karena melihat cara kepemimpinan Airlangga

Airlangga Dinilai Punya Peluang Besar Maju di Pilpres 2024Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersiap menyampaikan keterangan terkait perekonomian nasional di masa pandemi COVID-19 di Jakarta, Rabu (5/8/2020) (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Dia mengklaim bahwa Golkar bakal lebih baik ke depannya, karena para kader Golkar dari tingkat Pusat (DPP), tingkat daerah hingga ke bawah sampai ke tingkat desa menurutnya konsisten melakukan kerja-kerja politik dan tugas kemasyarakatan yang nyata.

Selain itu, menurutnya, faktor leadership atau kepemimpinan dari dari Ketum Airlangga Hartarto yang mampu menggerakkan partai, baik dalam koridor struktural maupun fungsional yang dijalankan dengan suasana yang harmonis sehingga kader kompak dan solid juga jadi faktor penambah.

"Airlangga tegas dalam mengarahkan haluan partai pada jalur yang benar dan sejalan dengan harapan konstituen/masyarakat luas. Inilah sebenarnya yang kita sebut sebagai esensi dari kepemimpinan," kata Azis.

2. Jabatan Airlangga bagai dua kutub berlawanan

Airlangga Dinilai Punya Peluang Besar Maju di Pilpres 2024IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dia mengungkapkan bahwa Airlangga dalam kedudukannya sebagai Menteri Kordinator Perekonomian dan Ketua Komite Penanggulangan COVID-19 seperti berada di dua kutub yang berlawanan.

Di satu sisi bertanggungjawab agar ekonomi bertumbuh, sedangkan di sisi lain harus menangani pandemik yang mengakibatkan terkurasnya sumber daya perekonomian, namun keduanya harus berjalan dengan baik.

"Saya kira dalam hal ini Airlangga jalankan tugasnya dengan sangat baik, sebab kalau tidak, kondisi pandemi COVID-19 di kita bisa lebih buruk dari India," tuturnya.

Baca Juga: Airlangga Hartato-Ridwan Kamil Berpeluang Maju Pilpres 2024

3. Prediksi elektabilitas Airlangga akan meningkat dua-tiga tahun ke depan

Airlangga Dinilai Punya Peluang Besar Maju di Pilpres 2024ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Dengan kapabilitas Airlangga seperti yang dia sebutkan, Azis sangat mendukung Airlangga Hartarto untuk maju sebagai sebagai capres 2024 karena peluangnya dianggap cukup besar. Pertama, tren partai perlahan mengalami kenaikan di hati masyarakat, setidaknya melalui berbagai survei eksternal maupun kajian internal menunjukkan hal itu.

"Ini adalah modal dasar," kata Azis.

Kemudian, alasan lainnya eiring perjalanan waktu, dengan kinerjanya yang mumpuni, Airlangga bisa mendapat tempat di hati masyarakat. "Beliau (Airlangga) mungkin jarang bicara, tetapi 'he is doing the best'. Tidak perlu banyak bicara yang tidak penting, tapi hasilnya terbukti," katanya.

Maka menurutnya, dalam dua-tiga tahun ke depan elektabilitas Airlangga akan meningkat signifikan.

"Saya dan seluruh kader Partai Golkar terus 'all out' mengerahkan segala daya untuk mendukung Airlangga dan demi meraih kemenangan di pemilu mendatang. Saya optimis," kata Azis.

Baca Juga: Top 5 Menteri Jokowi yang Kinerjanya Bikin Puas Masyarakat

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya