Comscore Tracker

Airlangga: Recovery Rate COVID-19 di Luar Jawa-Bali Membaik

Recovery rate COVID-19 mulai meningkat dan jadi grafik bagus

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Penanganan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto, menjelaskan perkembangan terkini kasus COVID-19 di luar Jawa-Bali. Dia mengungkapkan ada perbaikan di sejumlah wilayah.

"Secara menyeluruh, kami dapat melihat penurunan kasusnya begitu signifikan, antara 89 hingga 97 persen," kata Airlangga dalam agenda Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat secara daring, Senin (25/10/2021).

1. Catatan recovery rate dan fatality rate

Airlangga: Recovery Rate COVID-19 di Luar Jawa-Bali MembaikMenteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL/wsj)

Airlangga menjabarkan saat ini recovery rate atau rasio kesembuhan di Pulau Sumatra ada di angka 96 persen dan fatality rate dibagi jumlah orang yang terkonfirmasi saat ini mencapai 3,57 pesen.

"Nusa Tenggara, recovery rate mencapai 97,2 persen dan fatality rate 2,34 persen. Selanjutnya di Kalimantan, 96,32 persen untuk recovery rate dan fatility rate di 3,17 persen," ujarnya.

Airlangga juga memaparkan kondisi di Sulawesi yang recovery rate kasus COVID-19 saat ini berada di angka 96,87 persen dengan fatality rate mencapai 2,36 persen.

Kemudian recovery rate COVID-19 di Maluku-Papua mencapai 95,93 persen dan fatality rate di angka 1,76 persen.

Baca Juga: Jokowi: Dalam Seminggu Kasus COVID-19 di ASEAN Turun 14 Persen

2. Jokowi beri catatan capaian vaksinasi ke Papua, Aceh, Sumatra Barat, dan Sulawesi Barat

Airlangga: Recovery Rate COVID-19 di Luar Jawa-Bali MembaikIlustrasi antrean untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Dalam kesempatan ini, Airlangga juga memaparkan pencapaian vaksinasi COVID-19 di luar Jawa-Bali. Dia menyatakan untuk penyuntikkan vaksinasi pertama sudah ada lima provinsi di luar Jawa-Bali yang melewati jumlah nasional. Lima provinsi itu adalah Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara.

"Sedangkan 22 provinsi lainnya masih di bawah nasional. Arahannya, agar terus diakselerasi. Bapak Presiden (Joko "Jokowi" Widodo) juga memberikan catatan khusus untuk Papua, Aceh, Sumatra Barat, dan Sulawesi Barat, untuk terus ditingkatkan vaksinasinya karena mereka memiliki level terendah yaitu 24 hingga 33 persen," kata dia.

3. Ada 23 provinsi luar Jawa-Bali capaian dosis kedua di bawah nasioal

Airlangga: Recovery Rate COVID-19 di Luar Jawa-Bali MembaikVaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis pertama pada seorang seniman saat vaksinasi massal bagi seniman dan budayawan, di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (19/4/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sementara, ada empat wilayah yang capaian vaksinasi dosis kedua COVID-19 di luar Jawa-Bali yang mencapai jumlah nasional. Keempatnya adalah Kepri, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Timur, dan Jambi.

"Sebanyak 23 provinsi lain capaiannya di bawah nasional dengan rata-rata di bawah 32,67 persen," ujarnya.

Baca Juga: Luhut: Terjadi Kenaikan Kasus COVID-19 di 105 Kota/Kabupaten

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya