Comscore Tracker

Akan Dipindah ke Lapas, 300 Tahanan Polda Metro Jaya Jalani Tes Swab

Bagaimana hasilnya tes ratusan tahanan itu?

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 300 tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya melaksanakan swab test atau tes usap COVID-19.

Para tahanan tersebut adalah tahanan titipan yang dilimpahkan ke lembaga pemasyarakatan (lapas).

"Tujuannya pada proses pelimpahan ke lapas. Sebanyak 300 ini tahanan yang berstatus vonis, berstatus A3 dalam proses sudah pindah, karena over kapasitas ini kan sudah 100 persen," kata Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Dirtahti) Polda Metro Jaya, AKBP Rahmat kepada wartawan, Senin (28/9/2020).

1. Bekerja sama dengan sejumlah stakeholder

Akan Dipindah ke Lapas, 300 Tahanan Polda Metro Jaya Jalani Tes SwabIlustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Rahmat menjelaskan bahwa swab test tersebut dilakukan di Rutan Polda Metro Jaya hari ini sejak pukul 08.00 WIB.

Penyelenggaraan bekerja sama dengan beberapa stakeholder, mulai dari Dinas Kesehatan, dokter Kamwil Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan dan Bidang Kedokteran serta Kesehatan (Biddokkes) Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Napi Tiongkok Kabur, Ditjen PAS Bantah Pihak Lapas Tangerang Terlibat

2. Menghindari adanya masalah saat tahanan sudah dilimpahkan

Akan Dipindah ke Lapas, 300 Tahanan Polda Metro Jaya Jalani Tes Swabilustrasi tahanan kabur (ANTARAnews)

Sementara itu, 300 orang tersebut adalah tahanan Kejaksaan Negeri Jakarta Timur, Pusat, Barat, Utara, Selatan, Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polda Metro Jaya dan Polres jajaran wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Hal ini dilakukan agar tak ada tahanan yang telah dilimpahkan, nantinya dikembalikan ke Polda Metro Jaya karena positif COVID-19.

"Kalau kita rapid test saja, sampai di sana dibilang positif lalu balik lagi, padahal dia (tahanan) juga tidak apa-apa, di sana padahal ada tempat isolasi," kata Rahmat.

3. Semua hasil test tahanan negatif COVID-19

Akan Dipindah ke Lapas, 300 Tahanan Polda Metro Jaya Jalani Tes SwabSeorang tenaga kesehatan yang mengenakan alat pelindung diri lengkap membawa sample tes usap (swab test) COVID-19 milik warga (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Selain itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus mengatakan bahwa seluruh tahanan yang sudah dites menunjukkan hasil negatif.

Nantinya pada 1 November 2020, mereka akan segera dipindahkan ke Lapas.

Dia juga memastikan bahwa tidak ada tahanan di Polda Metro Jaya yang terjangkit COVID-19.

"Jadi tahanan ini yang sudah tahap dua dan dalam kondisi sidang nanti semuanya akan kita limpahkan ke lembaga pemasyarakatan dalam hal ini kumham setelah kita lakukan swab terpadu. Semuanya dipastikan negative, kalau memang ada yang positif pastinya akan kita lakukan perawatan lebih jauh,” kata Yusri di Polda Metro Jaya.

 

Baca Juga: Rutan dan Lapas di Jakarta Terpapar COVID-19, Terbanyak di Cipinang

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya