Akhirnya Punya Pengacara, Proses Hukum Maria Pauline Berlanjut

Dia memilih pengacara Kedubes Belanda

Jakarta, IDN Times - Tersangka kasus pembobolan kas BNI Maria Pauline Lumowa telah menunjuk pengacaranya.

Pengacara yang ditunjuk berasa dari sejumlah nama pilihan yang disediakan oleh Kedutaan Besar Belanda. Proses hukum akan segera dilakukan oleh penyidik.

"Pada Minggu 20 Juli 2020, MPL telah menunjuk pengacara dari list yang beberapa waktu lalu diajukan Kedubes Belanda dan telah dilakukan tanda tangan kontrak," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (20/7/2020).

1. Pengacara masih mempelajari kasus Maria

Akhirnya Punya Pengacara, Proses Hukum Maria Pauline BerlanjutTersangka Maria Pauline Lumowa dihadirkan saat rilis kasus pembobolan kas Bank BNI di gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (10/7/2020) (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Awi mengatakan bahwa pihak penyidik sedang menunggu pengacara Maria mempelajari perkara yang sedang menjerat Maria.

"Penyidik masih memberikan kesempatan kepada pengacara hari ini untuk mempelajari kasusnya," kata Awi.

Baca Juga: Kedubes Belanda Tak Sediakan Pengacara untuk Pembobol BNI Maria Lumowa

2. Sudah ada sejumlah saksi yang diperiksa

Akhirnya Punya Pengacara, Proses Hukum Maria Pauline BerlanjutBuronan pelaku pembobolan Bank BNI Maria Pauline Lumowa (tengah) berjalan dengan kawalan polisi usai tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (9/7/2020) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Penyidik Bareskrim sudah melakukan pemeriksaan pada sejumlah saksi. Mulai dari pihak BNI sendiri hingga saksi yang sedang menjalani hukuman.

"14 saksi sudah diperiksa, termasuk saksi yang sedang menjalani hukuman, yang sudah bebas serta pihak BNI 46," kata Awi.

Penyidik juga sudah menyita aset milik Maria senilai Rp132 miliar. Pencarian dan penyitaan ini dilakukan selama Maria pergi ke luar negeri.

3. Sebelumnya pihak Kedubes Belanda tidak sediakan pengacara

Akhirnya Punya Pengacara, Proses Hukum Maria Pauline BerlanjutKedatangan tersangka Maria Pauline di ruang VIP Terminal 3 Bandara Inernasionap Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (IDN Times/Candra Irawan)

Diberitakan sebelumnya di IDN Times, pihak Kedutaan Besar Belanda ternyata tidak mendampingi Maria Pauline Lumowa dalam pemeriksaan kasus pembobolan BNI.

Tapi pihak Kedubes Belanda memberikan sejumlah daftar nama pengacara yang bisa dipilih Maria.

"Kemudian terakhir sampai tadi malam sudah ada kepastian bahwa Kedubes Belanda tidak akan memberikan bantuan hukum, cuma memberikan list selama ini pengacara-pengacara yang dipakai Kedubes Belanda," ujar Awi, Jumat 17 Juli 2020.

Baca Juga: Dalami Kasus Maria Pauline, 3 Petinggi Bank Diperiksa 

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya