Comscore Tracker

Akun Instagram Kumpulan Korban WO Depok Berikan Bantuan Vendor Gratis

Bantuan ini hanya untuk calon pengantin yang kena tipu ya~

Jakarta, IDN Times - Pemilik Wedding Organizer (WO) Pandamanda asal Depok, Anwar (33), telah diamankan Polres Metro Depok. Perjalanan panjang Anwar menipu para calon pengantin dengan berkedok menawarkan jasa vendor pernikahan berakhir setelah klien yang menjadi korban melaporkannya ke polisi. 

Korban yang melangsungkan pernikahan pada Minggu (2/2) tak kuasa menahan malu terhadap para tamu yang sudah hadir ke gedung resepsi, karena katering yang dia pesan di WO ini tidak kunjung datang. Kejadian ini lantas viral di media sosial dan menjadi pembicaraan hangat publik.

Tak butuh waktu banyak, korban lainnya yang sudah menyetor uang hingga puluhan juta rupiah pun bermunculan dan berlanjut pada pengaduan ke pihak kepolisian.

Ulasan Google untuk WO Pandamanda menjadi sasaran review negatif dari para pengguna. Dari 33 review yang ada satupun memberikan ulasan positif.

Karena banyaknya korban dalam kasus ini, sebuah akun Instagram bernama @Pandamanda_wedding_gagal pun muncul. Akun ini kemudian menjadi platform sharing pengalaman korban penipuan WO Pandamanda, akun ini juga membuka bantuan bagi korban agar dapat kembali melangsungkan pernikahan dengan lancar.

1. Bantuan yang diberikan mulai dari tata rias pengantin hingga fotografer

Akun ini memberikan bantuan pada korban penipuan WO Pandamanda. Bantuan ini diberikan oleh sesama vendor jasa pernikahan lainnya.

Pertolongan yang diberikan bermacam-macam, mulai dari dekorasi, makeup artist (MUA), katering, sanggar, pembawa acara, tenda, hingga fotografer.

Sebagian relawan ada yang menawarkan setengah harga, gratis atau hanya sekadar mengganti ongkos.

Baca Juga: Penipuan Wedding Organizer di Depok Tipu Korban Hingga Rp2,5 Miliar

2. Korban harus menyertakan invoice dan bukti transfer

Akun Instagram Kumpulan Korban WO Depok Berikan Bantuan Vendor GratisIlustrasi (IDN Times/Mela Hapsari)

Pemberian bantuan ini bersifat sukarela. Akun Instagram @pandamanda_wedding_gagal mengunggah foto berisi kategori bantuan yang diberikan dengan beberapa informasi yakni menyebutkan nama, nomor telepon dan jenis bantuan.

Namun ada syarat yang diberlakukan bagi mereka yang ingin menerima bantuan ini yaitu, khusus untuk korban penipuan WO Pandamanda, serta wajib melampirkan informasi pembayaran berupa bukti transfer dan invoice.

3. Meminta agar vendor relawan tidak disalahgunakan

Akun Instagram Kumpulan Korban WO Depok Berikan Bantuan Vendor GratisVendor Pandamanda pernikahan yang tidak datang menyediakan katering (Twitter/ElsyanaPS)

@pandamanda_wedding_gagal menuliskan dengan huruf kapital bahwa bantuan relawan ini hanya untuk pengantin korban dari Pandamanda.

"Mohon hargai niat baik para vendor relawan ya mantemen, jangan disalah gunakan niat baik mereka yaa gengs 🥺. HANYA UNTUK KORBAN PANDA MANDA," tulis akun tersebut pada Rabu (5/2) malam.

Baca Juga: Kronologi Penipuan WO Bodong di Depok, Korban Malu Katering Tak Datang

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya