Comscore Tracker

Alat Kremasi TPU Tegal Alur Beroperasi Jumat Pekan Ini

Hanya perlu memberikan foto kopi KTP warga yang meninggal

Jakarta, IDN Times - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Jakarta Barat, tengah akan melayani kremasi jenazah COVID-19. Alat krematorium baru hasil sumbangan dari organisasi masyarakat dan sudah dipersiapkan.

"Mau pasang mesin sekarang. Kami pasang hanya waktu lima hari saja sehingga rencana Jumat nanti kami sudah mulai bisa lakukan pelaksanaan kremasi jenazah," kata Ketua Umum Perkumpulan Sosial Himpunan Bersatu Teguh Sumbar Riau, Andreas Sofiandi, seperti dikutip dari ANTARA, Kamis (22/7/2021). Andreas mengatakan alat tersebut sudah bisa digunakan Jumat pekan ini.

1. Dipasang di kompleks permakam warga beragama Kristen

Alat Kremasi TPU Tegal Alur Beroperasi Jumat Pekan IniPemakaman jenazah COVID-19 di TPU Tegal Alur, Senin 6 April 2020 (IDN Times/Uni Lubis)

Andreas menjelaskan bahwa mesin itu akan dipasang di wilayah kompleks pemakaman untuk warga beragama Kristen.

Nantinya, warga yang hendak menggunakan mesin krematorium hanya perlu memberikan foto kopi KTP yang warga yang meninggal serta surat keterangan dari rumah sakit untuk kremasi.

Baca Juga: Yayasan Krematorium: Biaya Kremasi Jenazah COVID-19 Rp7 Juta

2. Banyak warga ke luar Jakarta untuk kremasi

Alat Kremasi TPU Tegal Alur Beroperasi Jumat Pekan IniKondisi krematorium Dr Aggi Tje Tje, Cilincing, Jakarta Utara (instagram.com/jusufhamka)

Bantuan alat diberikan lantaran banyak warga yang kesulitan melakukan kremasi selama pandemi COVID-19. Bahkan beberapa ada yang harus keluar Jakarta untuk kremasi. "Ada yang sampai harus ke Cirebon, Purwakarta, Bandung," kata dia.

3. Dibangun untuk sementara di TPU Tegal Alur

Alat Kremasi TPU Tegal Alur Beroperasi Jumat Pekan IniTPU Tegal Alur (IDN Times/Uni Lubis)

Sosialisasi terkait rencana penggunaan TPU Tegal Alur sebagai tempat kremasi telah dilakukan oleh Pemkot Jakarta Barat. Kegiatan itu dipimpin Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto pada Sabtu (18/7/2021) malam.

Rencananya tempat atau lokasi krematorium akan dibangun di TPU Tegal Alur wilayah RT 08/02 Kelurahan Kamal. Krematorium dibangun untuk sementara, yakni saat pandemik COVID-19 atau selama massa PPKM dan tidak mencemari lingkungan, serta akan ada pembatasan waktu operasional kremasi, tidak ada kerumunan atau keramaian.

Baca Juga: Krematorium Cilincing Layani Kremasi Gratis Jenazah COVID-19

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya