Comscore Tracker

Amankan Demo BEM SI di Istana, Polisi Turunkan 18.000 Personel

8 ribu personel gabungan dan 10 ribu lainnya akan berjaga

Jakarta, IDN Times -  Aksi demonstrasi penolakan Undang-Undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker) akan digelar mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) pada hari ini, Jumat (16/10/2020) di Istana Merdeka, Jakarta.

Dengan adanya agenda ini, Polda Metro Jaya sudah mengerahkan ribuan personel gabungan untuk mengamankan aksi unjuk rasa. Total ada 18 ribu personel yang diturunkan.

"Sekitar 8.000 lebih personel itu gabungan TNI-Polri dan Pemda," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Jumat (16/10/2020).

1. 10 ribu personel lainnya berjaga di Polda

Amankan Demo BEM SI di Istana, Polisi Turunkan 18.000 PersonelMahasiswa berunjuk rasa di halaman Kantor DPRD Sumatera Selatan di Palembang, Sumsel, Kamis (8/10/2020) (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Unsur pemerintahan yang dimaksudkan Yusri antara lain adalah Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan juga pemadam kebakaran. Sedangkan 10.000 sisanya adalah personel cadangan.

"Serta personel cadangan sebanyak 10.000 yang stand by di Polda," ujar dia.

Baca Juga: BEM SI Akan Geruduk Istana, Polisi Siapkan Pengalihan Arus Lalu Lintas

2. Estimasi ada 6.000 mahasiswa BEM SI yang turun

Amankan Demo BEM SI di Istana, Polisi Turunkan 18.000 PersonelMahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa (KM) Universitas Pakuan Bogor melakukan long march menolak UU Cipta Kerja atau Omnibus Law dari Tugu Kujang menuju jalan Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/10/2020) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) bakal berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta pada siang ini.

"Kami akan tetap fokuskan ke Istana Rakyat sesuai dengan tuntutan," kata Koordinator Media BEM SI Andi Khiyarullah saat dihubungi IDN Times, Kamis (15/10/2020) malam.

"Estimasi massa sejauh ini kurang lebih 6.000," ujar dia lagi.

3. Daftar arus lalu lintas yang akan dialihkan karena demo

Amankan Demo BEM SI di Istana, Polisi Turunkan 18.000 PersonelSejumlah buruh perempuan melakukan aksi damai menolak Undang-Undang Cipta Kerja (Omnibus Law) di Tugu Adipura, Bandar Lampung, Lampung, Kamis (8/10/2020) (ANTARA FOTO/ Ardiansyah)

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan rencana pengalihan arus lalu lintas di wilayah sekitar Istana Merdeka.

"Kami kembali menyiapkan rencana rekayasa lalin di kawasan Istana hari ini," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo, saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (16/10/2020).

Berikut rencana pengalihan arus lalu lintas yang sudah disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Veteran III diluruskan ke traffic light Harmoni.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

4. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan ke Jalan Kebon Sirih.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalin dari Jalan Fachrudin yang akan belok kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan. Arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis, dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.

7. Arus lalu lintas dari l Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda, dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok ke kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada.

Pengalihan arus lalu lintas ini bersifat situasional dengan melihat kondisi di lapangan.

Baca Juga: Daftar Rute TransJakarta yang Berubah karena ada Demo BEM SI Hari Ini

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya