Anies Akhirnya Hadiri Rapat Paripurna DPRD Usai Dikritik Jarang Muncul

Anies mengaku selalu bagi tugas dengan Wagub Riza

Jakarta, IDN Times - Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya menghadiri rapat bersama DPRD DKI Jakarta. Anies menghadiri Raperda Perubahan APBD 2021 dan Raperda tentang Jaringan Utilitas pada rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (19/10/2021).

“Alhamdulillah kita sama-sama mendengarkan tanggapan dari semua fraksi terkait dengan RAPBDP 2021, dan juga terkait dengan Raperda tentang jaringan utilitas. Tanggapan itu akan kita bahas bersama secara detail dan kita berharap bisa segara tuntas,” kata Anies usai sidang.

Baca Juga: Jakarta Diguyur Hujan Seharian, Anies Klaim Sudah Siap Hadapi Banjir

1. PSI sebut Anies jarang hadir dan sering diwakilkan Riza

Anies Akhirnya Hadiri Rapat Paripurna DPRD Usai Dikritik Jarang MunculIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Beberapa waktu belakangan, Anies dikritik karena jarang muncul dalam agenda rapat bersama DPRD. Hal ini pernah disampaikan anggota Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta saat Anies tak hadir dalam rapat paripurna pada September 2021.

Sekretaris Fraksi PSI Anthony Winza mengatakan Fraksi PSI mengapresisi Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria yang selalu hadir pada rapat-rapat penting, seperti pertanggungjawaban penggunaan anggaran, saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak bisa hadir.

“Saya mengapresiasi Pak Wagub yang selalu hadir menggantikan Pak Gubernur, yang anehnya selalu sibuk jika ada rapat-rapat penting seperti ini. Rapat pertanggungjawaban anggaran ini adalah rapat penting yang sudah terjadwal setiap tahunnya. Apa jangan-jangan Pak Wagub adalah the real gubernur? Apa Gubernur Anies tidak menganggap paripurna ini penting sehingga selalu sibuk, padahal DPRD dan gubernur adalah mitra kerja yang sejajar,” kata Anthony, Kamis, 9 September 2021.

2. Anies sebut sedang tunaikan tugas penanganan COVID-19 di Jakarta

Anies Akhirnya Hadiri Rapat Paripurna DPRD Usai Dikritik Jarang MunculGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaparkan kondisi terkini IGD di DKI Jakarta. (youtube.com/PEMPROV DKI JAKARTA)

Kala itu, Anies sempat menjawab tudingan yang dirinya jarang muncul dalam agenda-agenda pemerintahan, dan kerap digantikan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria. Dia mengatakan, dalam menjalankan tugas di DKI Jakarta, ada pembagian tugas antara dirinya dan Riza.

“Yang sedang dikerjakan jadi beberapa kali justru bersama dengan rapat koordinasi terkait dengan penanganan COVID-19, jadi pada saat penanganan konstitusi, bagi tugas. Karena di sana itu sebagian pembacaan dokumen, pembacaan, dan kita bagi tugas tersebut," ujarnya kepada IDN Times, Jumat, 23 September 2021.

3. Anies jelaskan pembagian tugas antara dirinya dan Riza Patria

Anies Akhirnya Hadiri Rapat Paripurna DPRD Usai Dikritik Jarang MunculGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memantau pembangunan Jakarta International Stadium pada Kamis (23/9/2021). (IDN Times/Athif Aiman)

Rahasia pembagian kerja di Pemerintahan DKI Jakarta juga, kata Anies, dijalankan dengan porsi rapat konstitusi dikerjakan Riza Patria, sementara Anies menunaikan tugas terkait penanganan COVID-19. 

"Karena saya harus menunaikan, khususnya terkait dengan penanganan COVID-19, karena penanganan COVID-19 ini kita bagi tugas. Biasanya kita  mengerjakan bersama-sama," ujar Anies Baswedan.

Baca Juga: Anies Dikritik Suka Berteori Masalah Banjir, Begini Reaksi Wagub Riza

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya