Anies Bakal Renovasi Gedung Wayang Orang Bharata, Biayanya Rp7 Miliar

Dianggap memang sudah perlu direnovasi

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengalokasikan anggaran sekitar Rp7 miliar guna mendukung perbaikan Gedung Wayang Orang Bharata, yang berlokasi di sekitar Pasar Senen, Jakarta Pusat. Anies menilai sudah banyak bagian  gedung yang perlu direnovasi.

"Tempat ini kelihatannya memang sudah perlu renovasi, jadi nanti Insya Allah kami dukung renovasinya," kata Anies dilansir dari ANTARA, Jumat (10/6/2022)

1. Diharapkan jadi rujukan kegiatan seni budaya masyarakat Jakarta

Anies Bakal Renovasi Gedung Wayang Orang Bharata, Biayanya Rp7 MiliarJalur sepeda Banjir Kanal Timur, Duren Sawit, Minggu (21/6/2020) (IDN Times/Uni Lubis)

Dia berharap saat sudah rampung direnovasi, gedung tersebut menjadi salah satu rujukan kegiatan seni budaya masyarakat Jakarta.

Bukan hanya itu, pementasan wayang orang di gedung legendaris tersebut juga jadi salah satu pillihan masyarakat guna mengisi waktu luang atau berkunjung saat libur.

"Banyak sekali keluarga yang hari ini mencari kemana saya bisa mengajak anak-anak untuk memanfaatkan masa longgar termasuk masa libur dan harapannya ini menjadi salah satu pilihan," kata dia.

Baca Juga: Fakta-Fakta Jakarta Future City Hub, Kolaborasi Jakarta dan Berlin 

2. Pemerintah punya tanggung jawab untuk seni budaya

Anies Bakal Renovasi Gedung Wayang Orang Bharata, Biayanya Rp7 MiliarAnies Baswedan (Dok Pemprov DKI)

Di lain sisi Anies mengungkapkan, kegiatan kebudayaan tak serta merta diserahkan kepada mekanisme pasar. Dia mengatakan, pemerintah harus siap pasang badan guna membangkitkan kembali kegiatan seni budaya yang sempat redup selama pandemik COVID-19.

"Jadi karena itu kani merasa, harus ikut tanggung jawab. Jadi masa sulit dan lain-lain, memang semua mengalami kesulitan kemarin, tapi ini salah satu yang harus diselamatkan dari kesulitan (COVID-19) itu," kata dia.

3. Pelestarian seni budaya meski zaman terus berubah

Anies Bakal Renovasi Gedung Wayang Orang Bharata, Biayanya Rp7 MiliarGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melambaikan tangan saat menjalani isolasi di rumah dinasnya di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Upaya pelestarian dan pengembangan budaya, kata Anies dapat dilakukan sehingga kegiatan seni budaya bisa terus berkembang meski zaman terus berubah.

Anies didampingi Kepala Dinas Kebudayaan DKI Iwan Henry Wardhana serta sejumlah petinggi BUMD DKI Jakarta. Kehadirannya guna menyaksikan wayang orang juga didampingi Ketua Paguyuban Wayang Orang Bharata Pujo Setyo.

Baca Juga: Anies Bicarakan Rencana Jakarta setelah Tak Lagi Jadi Ibu Kota

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya