Comscore Tracker

Anies Bandingkan Pengungsi Banjir dengan Gempa Bumi

Anies pun membantah sistem drainase Jakarta bermasalah

Jakarta, IDN Times - Sejumlah titik di DKI Jakarta terendam oleh banjir sejak Senin (23/2) malam, lebih dari 200 RW terdampak. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membandingkan warga pengungsi banjir berbeda dengan pengungsi bencana gempa bumi.

Menurut Anies, warga yang terdampak banjir masih bisa sesekali kembali ke rumah dari pos-pos pengungsian karena mereka perlu melakukan pembersihan rumah.

"Ini berbeda kalau pengungsian gempa bumi. Maka warga akan menetap, karena rumah tidak bisa digunakan," kata Anies di kawasan Pantai Timur Ancol, Jakarta Utara, Rabu (26/2).

1. Genangan di Jakarta telah surut 100 persen

Anies Bandingkan Pengungsi Banjir dengan Gempa BumiGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (IDN Times/ Lia Hutasoit)

Dia mengklaim bahwa kondisi wilayah Jakarta yang tergenang banjir sudah surut 100 persen. Sebelumnya menurut Anies ada 294 RW di Jakarta yang tergenang.

"Jam tiga sore ada 5 lokasi penyurutan cepat. InsyaAllah malam ini sudah tuntas," ujarnya

Baca Juga: Kepala BPBD DKI Jakarta Mengundurkan Diri

2. Yang dilakukan Anies selama mengecek kondisi banjir Jakarta

Anies Bandingkan Pengungsi Banjir dengan Gempa BumiAnies Baswedan di Pintu Air Karet, Jakarta, Selasa (25/2) (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Anies beserta jajarannya memang melakukan pengecekan di lokasi yang terdampak banjir. Selama melakukan pengecekan di lapangan dia mengatakan bahwa pihaknya mengecek kebutuhan logistik masyarakat terpenuhi serta pos-pos kesehatan melayani semua kebutuhan.

Menurut dia pos-pos pengungsian hingga hari ini masih berfungsi karena warga sesekali kembali ke rumah

3. Tidak ada hambatan di sistem drainase

Anies Bandingkan Pengungsi Banjir dengan Gempa BumiGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pintu Air Manggarai, Selasa (25/2) (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Anies juga mengatakan bahwa tidak ada hambatan pada sistem drainase, makanya penyurutan air dapat dipastikan telah berjalan 100 persen.

"Tadi malam kita juga sudah mengeringkan jalur-jalur utama, untuk itu dari tadi pagi, sudah dapat digunakan, baik underpass jalan-jalan semua dikerjakan, itu nonstop," kata Anies.

Baca Juga: DKI Berulang Kali Banjir, Anies Instruksi Pengerukan Besar Akhir 2020

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya