Comscore Tracker

Anies: Banjir di Rawa Buaya Sehari Kering, Biasanya 5 Hari

Anies kerahkan 24 pompa air untuk banjir Rawa Buaya

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau langsung penanganan pasca-banjir di wilayah RT 02 RW 01, Kelurahan Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (22/2/2021). 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat mengerahkan 24 pompa, untuk menguras banjir di wilayah Rawa Buaya yang dialirkan ke Kali Mookervart. 

Baca Juga: Jakarta Dikepung Banjir, Anies Klaim Satu Hari Kering!

1. Anies sebut biasanya banjir baru surut usai lima hari

Anies: Banjir di Rawa Buaya Sehari Kering, Biasanya 5 HariIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Anies mengapresiasi kinerja petugas dalam penanganan genangan dan banjir. Menurutnya, instruksi untuk segera mengeringkan jika terjadi genangan ditindaklanjuti secara cepat dan tepat oleh petugas. Dia mengatakan biasanya banjir baru bisa surut setelah lima hari.

“Saya sampaikan terima kasih, kepada para petugas dan Pak RT, Pak RW, mereka tidak tampak di depan kamera, dan mereka bekerja siang malam memastikan tempat ini surut seperti yang disampaikan pak RW tadi, biasanya lima hari baru surut. Kali ini, kurang dari 24 jam semuanya surut,” kata Anies dalam keterangannya, Senin.

2. Anies sebut banjir sudah surut sejak Senin pagi

Anies: Banjir di Rawa Buaya Sehari Kering, Biasanya 5 HariGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polda Metro Jaya (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies menyebutkan pada Senin pagi banjir di Jakarta sudah surut, dan warga mulai beraktivitas seperti semula.

Dia mengawali peninjauannya ke Posko Pengungsian RT 02 RW 01.

“Saya dan Pak Wagub meninjau kondisi di RT 02 RW 01, Kelurahan Rawa Buaya yang kemarin menerima limpahan air dari kali Mookevart, dan kemudian begitu kali Mookevart-nya kembali normal, lalu dilakukan pemompaan secara masif," kata dia.

3. Banjir surut dalam waktu sehari setelah dipompa

Anies: Banjir di Rawa Buaya Sehari Kering, Biasanya 5 HariAnggota TNI AD mengevakuasi warga lansia yang sudah terjebak banjir selama dua hari di dalam rumahnya di Perumahan Pondok Gede Permai Bekasi, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Sementara, Ketua RW 01 Rawa Buaya Arif M Sahri mengatakan, kinerja jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk mengalirkan genangan ke Kali Mookervart, membuat banjir di kawasan ini terbilang cepat surut, yakni dalam 1x24 jam.

“Alhamdulillah penanganan tahun ini luar biasa, pemerintah sigap dengan Bapak Gubernur, Wali Kota dan ASN lainnya luar biasa, yang tadinya Rawa Buaya itu keringnya antara 4-5 hari, sekarang 1x24 jam kering,” pungkasnya.

Baca Juga: Pengamat: Anies Masih Pakai Tata Drainase Zaman Kolonial Atasi Banjir

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya