Comscore Tracker

Anies Diminta Tanggalkan Kursi Gubernur DKI, Riza Patria Angkat Bicara

Ali Lubis minta Anies mundur jika menyerah tangani COVID-19

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, buka suara soal pernyataan Ketua DPC Partai Gerindra Jakarta Timur Ali Lubis, yang meminta Gubernur DKI Jakarta mundur dari jabatannya.

Riza yang sekaligus Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta mengatakan, sudah menegur Ali Lubis secara internal.

"Ali Lubis sudah kami ingatkan, kami tegur bahwa kritik boleh, tetapi disampaikan secara internal, memberi masukan boleh tidak perlu ke publik," kata dia di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (26/1/2021).

1. Ingatkan kembali tugas Ali Lubis

Anies Diminta Tanggalkan Kursi Gubernur DKI, Riza Patria Angkat BicaraRiza Patria dalam Paripurna Pemilihan Wagub DKI Jakarta(6/4) (Dok. Humas DPRD DKI Jakarta)

Dia juga mengatakan, walaupun ada kritik yang hendak disampaikan, setiap kader Gerindra bisa memahami bahwa mereka mempunyai tugas yang sama untuk mengawal pembangunan Ibu Kota.

"Jadi semua kader harus mengerti memahami dan mempunyai tugas yang sama mengawal pembangunan kota Jakarta agar lebih baik maju kotanya, bahagia warganya," ujar Riza.

2. Partai Gerindra dukung pemerintahan DKI Jakarta

Anies Diminta Tanggalkan Kursi Gubernur DKI, Riza Patria Angkat BicaraWagub Ariza Pastikan Pasar-Pasar di Jakarta Terapkan Protokol Kesehatan Secara Tepat (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Riza mengatakan, Partai Gerindra masih menjadi partai pendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan mengawal pemerintahan di setiap program dan kinerjanya.

Bahkan menanggapi hal ini, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco dan Ketua Mahkamah Partai Gerindra Habiburokhman juga sudah bertemu dengan Riza.

"Kemarin juga datang pada Dasco dan Pak Habiburokhman, kita masih terus sampai dengan batas waktu 2017, sampai 2022, kami akan terus mendukung Anies-Sandi dan sekarang Anies-Ariza," kata dia.

 

3. Sebut penanganan pandemik Anies sudah luar biasa

Anies Diminta Tanggalkan Kursi Gubernur DKI, Riza Patria Angkat BicaraANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Riza juga berpendapat bahwa Anies sudah dengan hebat berhasil dan berjuang untuk menangani serta mengendalikan COVID-19.

“Apa yang dikerjakan Pak Anies sebagai Gubernur terkait penanganan COVID-19 sudah luar biasa,” kata dia.

Dia juga menjabarkan sejumlah data untuk menanggapi kritik Ali Lubis ini, salah satunya soal laju angka kesembuhan yang meningkat hingga kontribusi pada testing yang melebihi standar WHO.

“Kita masih bertahan dan mengendalikan. Buktinya apa? Angka kesembuhan terus meningkat, angka kematian sudah 1,6 persen. Ini datanya. Testing kita sudah 13 kali dari standar WHO. Kontribusi kita sudah 43,3 persen testing dari testing nasional. Jadi, Jakarta ini luar biasa,” katanya.

Baca Juga: Anies Baswedan Perpanjang PSBB DKI Jakarta Hingga 8 Februari 2021

4. DPRD sebut itu peringatan keras buat Anies

Anies Diminta Tanggalkan Kursi Gubernur DKI, Riza Patria Angkat BicaraIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sedangkan, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Gembong Warsono mengatakan, kritik tersebut adalah bentuk teguran keras untuk Anies supaya bisa bersungguh-sungguh tangani persoalan di DKI Jakarta.

"Lah kalau partai pengusung sudah menyuarakan sesuatu, itu kan peringatan keras buat Pak Anies untuk fokus bekerja," kata dia saat dikonfirmasi awak media, Selasa ini.

5. Ali Lubis minta Anies mundur jika nyerah lawan COVID-19

Anies Diminta Tanggalkan Kursi Gubernur DKI, Riza Patria Angkat BicaraGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polda Metro Jaya (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Ali Lubis sebelumnya sempat meminta Anies untuk mundur dari jabatannya sebagai gubernur jika merasa tak sanggup dalam upaya penanganan pandemik COVID-19.

Pernyataan dilontarkan usai Anies meminta pemerintah pusat dapat mengambil alih penanganan pandemik di wilayah penyangga DKI, yakni Jabodetabek.

"Anies nyerah lawan COVID-19? Jika seperti itu maka sebaiknya mundur saja dari jabatan gubernur," kata Ali dalam keterangan tertulis, Jumat, 22 Januari 2021.

Baca Juga: Anies Baswedan Perpanjang PSBB DKI Jakarta Hingga 8 Februari 2021

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya