Comscore Tracker

Anies Lantik Marullah Matali Sebagai Sekda DKI Jakarta Sore Ini

Marullah gantikan mendiang Saefullah

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan melantik Sekretaris Daerah (Sekda) pengganti Saefullah, yakni Marullah Matali pada hari ini, Senin (18/1/2021) sore. Pelantikan ini dijadwalkan pada pukul 16.00 WIB.

"Saya dan pemerintah pusat melalui Tim Penilaian Akhir (TPA) yang dipimpin pak Jokowi, sudah memutuskan bahwa pak Marullah Matali sebagai Sekda DKI," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota, Senin.

Marullah ditunjuk secara langsung oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai Sekda DKI, setelah ada tiga nama yang diserahkan Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Tahun 2020 ke Presiden pada pada Desember 2020.

Baca Juga: Anies Baswedan Lantik Sri Haryati Sebagai Pejabat Sekda DKI Jakarta 

1. Pemprov DKI terima apapun keputusan pemerintah pusat

Anies Lantik Marullah Matali Sebagai Sekda DKI Jakarta Sore IniWakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Riza mengatakan proses pemilihan sejak awal dilakukan sesuai mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang ada.

"Dilakukan secara profesional, transparan sampai dengan tiga besar, dan sudah di diserahkan kepada pemerintah pusat karena Sekda ini eselon I bagian dari kewenangan pusat," kata dia.

Riza menyebutkan pihaknya menerima apapun keputusan dari pemerintah pusat.

2. Siapa pengganti Marullah sebagai Wali Kota Jakarta Selatan

Anies Lantik Marullah Matali Sebagai Sekda DKI Jakarta Sore IniIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Riza juga buka suara terkait pengganti Marullah yang sebelumnya menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Selatan. Dia mengatakan pengganti Wali Kota Jakarta Selatan akan mulai dibicarakan dan belum diputuskan.

"Nanti pak gubernur akan memimpin rapat untuk menentukan siapa akan menjadi wali kota Jakarta Selatan," ujar dia.

3. Syarat pengalaman di pemerintahan DKI dan pernah terima penghargaan Presiden pada 2012

Anies Lantik Marullah Matali Sebagai Sekda DKI Jakarta Sore IniWali kota Jakarta Selatan Marullah Matali saat ditemui awak media. ANTARA/Laily Rahmawaty/am.

Hingga 11 Desember 2019, Marullah termasuk tiga nama terbaik yang lolos tahap seleksi untuk menjadi Sekda DKI. Selain dia, dua nama lainnya yakni Asisten Sekda Bidang Ekonomi Sri Suharti dan Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko. Marullah terpilih sebagai Sekda DKI melalui lelang terbuka.

Marullah pernah menjabat Staf Biro Bina Mental Spiritual Provinsi DKI Jakarta, Kepala Seksi Bina Lembaga Mental Dinas Bintal dan Kesos Provinsi DKI Jakarta, Kepala Sekretariat Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Kepala Biro Pendidikan dan Mental Provinsi DKI Jakarta, Asisten Deputi Gubemur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pariwisata, dan juga Asisten Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan.

Marullah juga pernah menyabet penghargaan karena telah bekerja selama 15 tahun dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta pada 2011, dan pernah menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya KL 1 dari Presiden RI pada 2012.

Baca Juga: Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Terpilih Jadi Sekda DKI

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya