Anies Minta Tolong Warga Ingatkan Keluarga yang Belum Vaksinasi

Anies beri pesan usai epidemiolog tampilkan data kematian

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendadak menyerukan permintaan tolong kepada warga Jakarta untuk mengingatkan anggota keluarga masing-masing untuk melakukan vaksinasi COVID-19.

Melalui akun instagram pribadinya @aniesbaswedan, dia mengunggah data terkait kematian akibat COVID-19 di Jakarta yang kian menurun. Seraya menampilkan data, Anies juga meminta tolong kepada masyarakat untuk menanyakan anggota keluarga lansia yang belum melaksanakan vaksinasi COVID-19.

"Bolehkah saya minta tolong? Tanyakan di WA grup seluruh keluarga besar: apakah ada keluarga lanjut usia yang belum vaksin?" tulis dia seperti dikutip Jumat (1/10/2021).

Baca Juga: Luhut: Saya Lansia, Akhir Tahun Nanti Suntik Vaksin Ketiga

1. Pandu jabarkan kasus kematian di DKI Jakarta

Anies Minta Tolong Warga Ingatkan Keluarga yang Belum VaksinasiPakar Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Dr. Pandu Riono, MPH, Ph.D dalam Ngobrol Seru: 100 Hari Pandemik Global (Tangkap Layar YouTube IDN Times)

Unggahan ini adalah respons Anies terhadap data dan pemaparan yang disampaikan oleh epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono. Pandu menjelaskan, tingkat kematian di DKI Jakarta terbilang rendah dan yang meninggal adalah orang yang belum menjalankan vaksinasi.

"Artinya, cakupan vaksinasi yang tinggi, terutapa pada lansia, berhasil menekan kematian, hospitalisasi dan penularan. Harapannya bisa zero death," cuit Pandu di akun twitter @drpriono1 sembari menandai akun Anies Baswedan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Baca Juga: Vaksinasi Lansia di Jakarta Sempat Mentok di Angka 70 Persen, Kenapa?

2. Minta masyarakat ajak lansia yang belum vaksinasi

Anies Minta Tolong Warga Ingatkan Keluarga yang Belum VaksinasiFasilitas antar-jemput peserta vaksin lansia di DKI Jakarta (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta

Melalui cuitan tersebut, Anies meminta tolong masyarakat DKI Jakarta untuk bisa mengajak para lansia yang belum menjalani vaksinasi COVID-19, selama tidak ada kendala kesehatan dan medis.

"Sayangi mereka, ajak untuk vaksinasi selama tidak ada kendala medis. Umur di tangan Allah, tapi ikhtiar itu wajib. Kita tunaikan ikhtiar itu: ajak untuk vaksinasi," kata Anies.

Baca Juga: Anies: Jakarta Perlu Hati-Hati Antisipasi Gelombang Ketiga COVID-19

3. Tren kematian di DKI bagi warga belum divaksin

Anies Minta Tolong Warga Ingatkan Keluarga yang Belum VaksinasiIlustrasi proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19. (IDN Times/Aldila Muharma dan Fiqih Damarjati)

Dalam datanya, Pandu menjabarkan tren kematian di DKI sejak 27-30 September 2021. Berikut datanya:

  • 27 September ada 4 kematian belum divaksin.
  • 28 September ada 5 kematian belum divaksin.
  • 29 September ada 4 kematian belum divaksin.
  • 30 September ada 3 kematian belum divaksin.

Rincian data kasus kematian akibat COVID-19 tersebut sesuai dengan data di corona.jakarta.go.id. 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya