Anies Sebut Kampung Akuarium Contoh Nyata Kolaborasi di Jakarta 

Ubah yang dianggap masalah jadi realita baru

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebutkan bahwa pembangunan kembali Kampung Akuarium di Penjaringan, Jakarta Utara, merupakan contoh kolaborasi bersama yang tengah dilakukan.

“Agustus 2020, Pemprov DKI Jakarta mulai membangun apa yang menjadi harapan untuk menjadikannya kenyataan,” kata Anies seperti dilansir dari ANTARA, saat membuka Forum Jakarta Development Collaboration Network (JDCN) 2020 di Jakarta, Kamis (17/12/2020).

1. Mengubah masalah jadi realita baru

Anies Sebut Kampung Akuarium Contoh Nyata Kolaborasi di Jakarta IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Anies menjelaskan bahwa di Jakarta saat ini masih ada warga kampung yang belum bisa menikmati kehidupan yang layak. Maka dari itu pemerintah tak mungkin mengerjakan pembangunan sendiri.

Pemerintah, kata Anies mengajak komunitas, lembaga sosial hingga Universitas untuk membangun sebuah kolaborasi yang membawa ide, pengalaman, jaringan hingga sumber daya untuk diimplementasikan dalam kerja sama.

“Mengubah apa yang dianggap menjadi masalah menjadi sebuah realita baru,” ujar dia.

Baca Juga: Kampung Akuarium Anies Dibangun Tidak Pakai Dana APBD 

2. Wujudkan kota maju yang warganya bahagia

Anies Sebut Kampung Akuarium Contoh Nyata Kolaborasi di Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polda Metro Jaya (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Menurut Anies, istilah kolaborasi juga artinya adalah keinginan untuk menjadikan Jakarta sebagai kota maju yang warganya bahagia.

Maka dari itu seluruh komponen masyarakat mencoba untuk mewujudkan sebuah ikhtiar bersama untuk mewujudkan hal tersebut.

3. Pihak-pihak yang berkolaborasi dalam penataan Kampung Akuarium

Anies Sebut Kampung Akuarium Contoh Nyata Kolaborasi di Jakarta Pemprov DKI Jakarta Berkolaborasi bersama Warga dan Komunitas dalam Menata Kampung Akuarium (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Penataan Kampung Akuarium oleh Pemprov DKI sendiri mendapatkan dukungan organisasi kemasyarakatan, di antaranya Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK), Urban Poor Consortium (UP) dan Rujak Center for Urban Studies yang menjadi fasilitator warga Kampung Akuarium.

Dunia internasional seperti UN Special Rapporteur juga telah meneliti serta menyumbangkan idenya untuk pembangunan Kampung Akuarium ini.

Baca Juga: Ada Apa Saja di Kampung Akuarium yang Dibangun Anies?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya