Anies Tinjau Dufan dan Ancol, Bersiap Dibuka Saat Normal Baru

PSBB transisi di Jakarta, kata Anies, didasari kajian ilmiah

Jakarta, IDN Times - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau persiapan dan protokol kesehatan di tempat wisata Dunia Fantasi (Dufan) Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu (13/6) pagi. Anies berkeliling tempat wisata itu dengan menggunakan sepeda.

Anies mengatakan, Pemprov DKI akan membuka sejumlah fasilitas umum secara bertahap, mulai dari tempat ibadah, perkantoran, dan kegiatan perekonomian, hingga terakhit tempat wisata.

"Yang dibuka di fase I ini lebih akhir adalah tempat wisata. Salah satunya Ancol dan Ragunan. Jadi tadi saya lihat protap yang disiapkan oleh Ancol untuk nanti bisa berkegiatan lagi sesuai dengan protokol kesehatan yang ada," kata Anies dalam keterangan resmi, Sabtu (13/6).

Baca Juga: Mal Dibuka 15 Juni, Anies: Tempat Fitness dan Bisokop Belum

1. Keputusan PSBB masa transisi berbasis kajian ilmiah

Anies Tinjau Dufan dan Ancol, Bersiap Dibuka Saat Normal BaruGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lakukan peninjauan di Dufan (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies juga menjelaskan bahwa keputusan PSBB di masa transisi ini, berdasarkan pada kajian ilmiah epidemiologi.

Menurut dia, kesiapan masa transisi di tengah pandemik harus mengedepankan persiapan fasilitas kesehatan maupun tenaga kesehatan yang ada. Nantinya, fasilitas umum bisa diperiksa dan siap dibuka jika dari sisi kesehatan sudah siap.

2. Sudah siapkan protap khusus jika ada pengunjung yang terindikasi COVID-19

Anies Tinjau Dufan dan Ancol, Bersiap Dibuka Saat Normal BaruGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lakukan peninjauan di Dufan (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies juga menyatakan, telah menyiapkan protap khusus jika nanti ada pengunjung tempat wisata yang diketahui positif COVID-19. Seluruh pekerja nantinya akan diperiksa dan secara rutin akan dipantau.

"Kemudian kalau ada kasus, maka diperiksa kasusnya. Apakah perlu isolasi, apakah perlu perawatan. Tapi protapnya, semuanya ada. Semuanya ada, termasuk opsi penutupan sementara kembali karena kita punya ukurannya dan ukurannya nanti kita tentukan," pungkas Anies.

3. Kapasitas pengunjung di Dufan akan diuji coba sebesar 30 persen, jika tak terkontrol akan dikurangi lagi

Anies Tinjau Dufan dan Ancol, Bersiap Dibuka Saat Normal BaruGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lakukan peninjauan di Dufan (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Teuku Sahir Syahali menambahkan, seluruh protokol kesehatan akan diterapkan secara ketat di wilayah tempat wisata Ancol.

Contohnya seperti restoran di pantai yang buka hanya 50 persen, jaga jarak khususnya di antrean sepanjang minimal 1 meter, memastikan pengunjung untuk memakai masker, dan kapasitas wahana permainan yang diisi hanya 50 persen.

"Di gerbang Dufan ini ada pengaturan flow-nya. Kami atur dari awal flow tersebut dengan marka 2 meter. Ada juga penggunaan mesin tiket tab karena kami akan menjual karcis masuk secara online. Dufan ini kapasitasnya 15 ribu orang, tapi kami akan menjual tiket maksimal 5 ribu, jadi hanya 30 persen, tidak sampai 50 persen. Kami akan melihat dan evaluasi dulu. Kalau 30 persen tidak bisa kami kontrol, bakal kami kurangi kembali," ujar Sahir.

Baca Juga: Anies Buka Suara Soal Melonjaknya Kasus COVID-19 Saat PSBB Transisi 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya