Anies Tinjau Pengangkatan Atap Buka Tutup JIS Seberat 3.900 Ton

Anies sebut Indonesia sanggup kerjakan proyek sekompleks ini

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau proses pengangkatan atap buka tutup atau retractable roof di Jakarta International Stadion (JIS), Rabu (16/6/2021). Dalam kesempatan itu Anies mengatakan, proses pengangkatan ini adalah yang terbesar di dunia.

"Ketika rangkaian di bawah lalu kemudian diangkat ke atas secara bersamaan ini adalah yang terbesar dan terberat yang pernah dilakukan," kata Anies.

Baca Juga: Lapangan JIS Berstandar FIFA Diresmikan, Persija Beri Apresiasi

1. Total berat atap yang diangkat mencapai 3.900 ton

Anies Tinjau Pengangkatan Atap Buka Tutup JIS Seberat 3.900 TonPengangkatan atap buka tutup Jakarta International Stadium (dok. Humas Jakpro)

Rangka atap yang diangkat panjangnya mencapai 270 meter dan berat 3.900 ton. Atap ini diangkat secara bersamaan ke ketinggian 70 meter. Menurutnya, hal ini sama seperti mengangkat 2.430 mobil MPV.

"Ini adalah sebuah proses engineering yang kompleks yang membutuhkan kompetensi amat tinggi, presisi yang tinggi dan ketekunan serta keseriusan persiapan yang luar biasa," ujar Anies.

2. Anies sebut Indonesia sanggup kerjakan proyek sekompleks ini

Anies Tinjau Pengangkatan Atap Buka Tutup JIS Seberat 3.900 TonPembangunan Jakarta International Stadium (Instagram.com/aniesbaswedan)

Anies berharap, pengangkatan rangka atap JIS membuat semua pihak yang terlibat dalam pembangunan JIS semakin semangat dan optimistis, dalam menuntaskan pekerjaaan yang bersejarah ini sesuai jadwal.

“Bahwa stadion ini, bukan saja nanti menjadi stadion kebanggaan warga Jakarta, bukan saja kebanggaan warga Indonesia, nanti ini bukan saja menjadi tuan rumah di negeri sendiri, tapi tempat ini menjadi contoh bagi dunia internasional, bahwa bangsa Indonesia sanggup mengerjakan project engineering yang kompleks seperti ini,” kata Anies.

Sebelumnya pada 4 Juni dan 10 Juni 2021 lalu, KSO JIS telah melakukan uji coba pralifting.

3. Proses pengangkatan atap menggunakan sistem heavy lifting

Anies Tinjau Pengangkatan Atap Buka Tutup JIS Seberat 3.900 TonPembangunan Jakarta International Stadium (Instagram.com/aniesbaswedan)

Proses lifting rangka atap JIS menggunakan system heavy lifting, di mana proses perakitan struktur utama dan struktur ruang dilakukan terlebih dahulu di lantai dasar, untuk kemudian dilakukan pengangkatan full dengan sekali angkat.

Metode pengangkatan ini mempercepat pemasangan struktur atap, yakni dengan sekali pengangkatan seluruh struktur atap dapat terpasang.

Saat proses lifting, struktur atap dihubungkan dengan delapan pilar utama (Pier Head) untuk kemudian mengangkat rangka utama atap, yakni menggunakan dongkrak hidraulik (Hydraulic Jack).

Baca Juga: Bangun Stadion JIS, Jakpro Bantu Proses Relokasi Warga Kampung Bayam 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya