Bahas Tren Digital, AMSI Gelar IDC 2022 dan Ajang Penghargaan Media

Berlangsung dua hari secara daring dan luring

Jakarta, IDN Times - IDC 2022 yang merupakan gelaran tahunan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) digelar untuk melihat cermin tren dan fenomena terkini di dunia digital.

Pasalnya, saat ini dunia terus bertransformasi ke arah digital, baik ekonomi, bisnis, pendidikan, kesehatan, pelayanan publik, media dan komunikasi, hingga kegiatan lainnya.

“IDC itu ajang kita bisa refleksi diri. Kita sekarang ada di mana, siapa teman atau partner bisnis yang harus kita jaga, teknologi macam apa, dan gelombang yang akan datang seperti apa, supaya kita antisipasi lebih dini,” ujar Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut Wens, dikutip dari siaran pers, Jumat (18/11/2022).

Baca Juga: Budaya Digital Membaik, Indeks Literasi Digital Indonesia Naik

1. Fase bangkit dari keterpurukan masif akibat COVID-19

Bahas Tren Digital, AMSI Gelar IDC 2022 dan Ajang Penghargaan MediaIlustrasi AMSI (amsi.or.id)

Wenseslaus yang juga CCO Kapanlagi Youniverse mengungkapkan, gelara IDC 2022 berbeda dengan tahun sebelumnya yang fokus pada tema-tema outward looking.

Pada konferensi yang akan digelar secara hybrid ini, IDC 2022 akan diwarnai dengan tema-tema yang inward looking atau berorientasi ke dalam.

“Kita sedang memasuki fase bangkit dari keterpurukan masif akibat pandemik COVID-19," katanya.

Dia mengatakan, perlu juga membahas beberapa topik dalam negeri seputar isu media sustainability, publisher right, digital advertising, keamanan data, dan regulasi negara.

"Juga model-model bisnis baru yang tak melulu bicara soal traffic atau page views,” kata Wens.

Baca Juga: Berantas Hoaks Jelang Pemilu, Kominfo Akan Bentuk Satgasus Siber

2. Berlangsung secara daring dan luring

Bahas Tren Digital, AMSI Gelar IDC 2022 dan Ajang Penghargaan MediaKelompok waria dalam seminar PKBI di Hotel Santika Yogyakarta, 11 Januari 2020. IDN Times/Pito Agustin Rudiana

Ketua Panitia IDC dan AMSI Awards 2022, Adi Prasetya, mengungkapkan, gelaran IDC 2022 nanti akan digelar di Hotel JS Luwansa, HR Rasuna Said Kuningan, Jakarta pada 22-23 November 2022. Kegiatannya akan berlangsung secara daring dan luring.

“Karena masih suasana pandemik, maka kami pilih opsi hybrid. Peserta yang hadir secara offline, kami batasi hanya 150 orang. Sudah terisi pendaftar, termasuk oleh para pemimpin redaksi pengurus AMSI dari Aceh sampai Papua. Sekarang masih bisa mendaftar sebagai peserta online," kata dia.

Untuk dapat mendaftar, calon peserta dapat membuka situs resmi AMSI atau akun media sosial AMSI dengan mengeklik link pendaftaran.

"Kalau pun tidak sempat, nanti tetap bisa menyimak lewat akun YouTube resmi AMSI dan akun YouTube media-media anggota AMSI yang menyiarkannya dari 24 wilayah di Indonesia,” kata Adi.

Adi menjelaskan, tidak ada biaya yang dipungut untuk dapat bergabung di acara tersebut. Masyarakat dari kelompok profesi, mahasiswa, dan komunitas apapun, masih bisa mendaftarkan diri sebagai peserta online di situs www.amsi.or.id.

“Kami juga masih menunggu konfirmasi dan mengharap Presiden RI, Bapak Joko Widodo berkenan hadir dan membuka rangkaian acara IDC dan AMSI Awards 2022,” kata Adi.

Baca Juga: Menkominfo: Perangkat Siber Kementerian/Lembaga Dikawal saat Pemilu 

3. Ada penghargaan bagi 15 media terbaik AMSI

Bahas Tren Digital, AMSI Gelar IDC 2022 dan Ajang Penghargaan MediaIlustrasi pers (IDN TImes/Arief Rahmat)

Selain itu, peluncuran perusahaan advertising agency yang didirikan sebagai lembaga profit center milik AMSI dan penandatanganan kerja sama AMSI dengan PT Huawei Tech Investment juga akan diselenggarakan. 

Puncak dari IDC 2022 akan ditutup dengan malam penghargaan AMSI Awards 2022. Ajang penghargaan ini akan menjadi selebrasi bagi 15 media terbaik AMSI baik media skala lokal maupun nasional.

Dewan juri dalam penghargaan tersebut adalah Ahli Hukum Pers, Yosep Adi Prasetyo sebagai ketua juri; Anggota Dewan Pers, Ninik Rahayu; Peneliti Media Universitas Multimedia Nusantara, Ignatius Haryanto; Chief of Party Internews, Eric Sasono, dan Head Cormomm PT Unilever, Kristy Nelwan.

“Saya mengapresiasi upaya AMSI untuk penyelenggaraan AMSI Awards. Harapannya bisa memberi motivasi dan inspirasi bagi media-media siber di Indonesia dan media pada umumnya untuk terus menjadi media yang konsen terhadap kualitas jurnalisme dan bertumbuh sehat secara bisnis. Kita bisa banyak belajar dari para peserta. Siapa peraih award-nya? Tunggu tanggal 23 November,” kata Yosep.

Baca Juga: Dewan Pers Berharap AMSI Kaltim Perkuat Ekosistem Media Digital Lokal

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya