Baleg DPR Targetkan RUU TPKS Sah sebelum Reses 15 April 2022

Pembahasan intensif RUU TPKS dilakukan pekan depan

Jakarta, IDN Times - Badan Legislasi (Baleg) DPR memberikan sinyal kabar pengesahan Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS). Baleg DPR berharap RUU TPKS bisa disahkan sebelum masuk masa reses anggota DPR pada 15 April 2022.

“Saya ingin menyampaikan bahwa mudah-mudahan rancangan undang-undang ini sebelum masa reses ini sudah bisa kita sahkan,” kata Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas dalam rapat kerja dengan pemerintah yang disiarkan daring, dilansir Jumat (25/3/2022)

Baca Juga: Panja Bakal Bahas RUU TPKS Senin Depan, Segera Disahkan?

1. Pada 5 April, diharapkan sudah selesai di Baleg

Baleg DPR Targetkan RUU TPKS Sah sebelum Reses 15 April 2022Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Supratman Andi Agtas (dpr.go.id/Jaka/Man)

Dia mengatakan Baleg sudah menyusun jadwal dalam pembahasan rapat panitia kerja untuk RUU TPKS mulai Senin, 28 Maret 2022. Penjadwalan keputusan tingkat pertama juga dikabarkan jatuh pada 5 April 2022.

“Jadi 5 April Undang-Undang ini di Badan Legislasi sudah kita harapkan bisa selesai ya, mudah-mudahan ada,” katanya.

Baca Juga: Komnas Perempuan Desak RUU TPKS Dijadikan RUU Inisiatif DPR 2022

2. Ada banyak substansi DIM yang harus didiskusikan antar fraksi

Baleg DPR Targetkan RUU TPKS Sah sebelum Reses 15 April 2022Badan Legislasi Rapat Kerja dengan Menkumham dan PPUU DPD RI terkait dengan Penyusunan Prolegnas RUU Tahun 2020-2024 dan Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2020 di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (5/12). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dia juga mengatakan bahwa Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) RUU TPKS sudah ada di tangan pemerintah. DIM tersebut terhitung banyak jumlahnya karena menyangkut perubahan substansi dan tambahan muatan yang baru.

Tetapi politikus partai Gerindra itu mengatakan DIM yang banyak itu bisa didiskusikan bersama dengan anggota panitia kerja masing-masing partai.

“Namun demikian, nanti kita serahkan kepada teman-teman anggota panja dari semua fraksi untuk menyampaikan dan berdiskusi. Kita berdiskusi dengan pemerintah lagi dalam pembahasan DIM yang akan datang,” kata dia.

Baca Juga: Dapat Restu Pimpinan DPR, Baleg Siap Lanjutkan Pembahasan RUU TPKS

3. Panja akan rapat secara intensif pekan depan

Baleg DPR Targetkan RUU TPKS Sah sebelum Reses 15 April 2022Ketua Panitia Kerja (Panja) RUU Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS), Willy Aditya di Gedung DPR/MPR Jakarta, Kamis (25/11/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Secara terpisah, Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Willy Aditya dalam sebuah diskusi daring, mengatakan bahwa proses pembahasan akan dilakukan intensif mulai  Senin, 28 Maret mendatang oleh Panja RUU TPKS.

“Hari senin depan sudah rapat panja intensif selama seminggu,” kata dia dalam diskusi di akun YouTube PARA Syndicate yang dilihat Jumat (25/3/2022)

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya