Comscore Tracker

Bareskrim Bantu Polda Metro Cari 4 Pengikut Rizieq yang Kabur

Insiden penembakan diduga dilakukan oleh pendukung Rizieq

Jakarta, IDN Times - Insiden bentrokan antara polisi dan sejumlah orang yang diduga pendukung Pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di jalan tol Jakarta-Cikampek, kilometer 50 terjadi pada Senin (7/12/2020) pukul 00.30 WIB. Enam dari 10 pendukung Rizieq meninggal dunia tertembak polisi dan empat lainnya melarikan diri.

Menanggapi hal ini, Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan bahwa Bareskrim siap membantu Polda Metro Jaya untuk mengejar empat orang tersebut.

"Kabareskrim (Komjen Listyo Sigit Prabowo) menyampaikan bahwa Bareskrim akan mem-back up Polda Metro Jaya, mencari empat pelaku lainnya yang melarikan diri sampai ketemu," kata Argo dalam keterangannya hari ini.

1. Berawal dari adanya info massa ikut dampingi Rizieq ke Polda Metro Jaya

Bareskrim Bantu Polda Metro Cari 4 Pengikut Rizieq yang KaburRizieq Shihab beserta keluarga tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Argo mengatakan bahwa kasus ini berawal saat Polda Metro Jaya berencana memeriksa Rizieq hari ini terkait kasus kerumunan akad nikah putrinya.

Kemudian, beredar kabar media sosial bahwa pengikut Rizieq akan datang dalam jumlah besar untuk mengawal proses pemeriksaan pentolan FPI itu di Polda Metro Jaya.

Baca Juga: [BREAKING] FPI Disebut Serang Polisi Pakai Senjata, Munarman: Fitnah!

2. Anggota polisi yang jadi korban akan buat laporan

Bareskrim Bantu Polda Metro Cari 4 Pengikut Rizieq yang KaburKapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran (ANTARA Jatim/Willy Irawan)

Menanggapi hal itu, pihak Polda Metro Jaya akhirnya melakukan penyelidikan terhadap identitas penyebar pesan.

Kemudian, anggota Polda Metro Jaya ternyata mendapat serangan dalam proses penyidikan yakni dengan cara penodongan senjata api dan senjata tajam di Tol Jakarta-Cikampek.

"Ya benar. Anggota yang menjadi korban akan membuat laporan polisi," kata Argo.

3. Ada dua kendaraan pengikut Rizieq yang menyerang polisi

Bareskrim Bantu Polda Metro Cari 4 Pengikut Rizieq yang KaburHabib Rizieq Shihab (HRS) menyapa massa yang menjemputnya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Saat mobil anggota Polda Metro Jaya tengah mengkuti kendaraan pengikut Rizieq, tiba-tiba mobil anggota Polda Metro Jaya dipepet dan dihentikan dua kendaraan pengikut Rizieq.

Ketika itulah terjadi penodongan senjata api dan senjata tajam berupa samurai dan celurit ke arah anggota polisi.

Petugas yang merasa keselamatan jiwanya terancam langsung melayangkan tembakan, alhasil 6 orang meninggal dunia, sementara empat lainnya melarikan diri.

Dalam kasus ini petugas mengalami kerugian materil berupa rusaknya kendaraan yang ditabrak pelaku dan adanya bekas tembakan senpi pelaku di TKP.

"Dengan adanya kejadian ini, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran juga berpesan agar Rizieq bisa mematuhi hukum yang berlaku dan  memenuhi panggilan penyidik dalam rangka penyidikan," terang Argo.

Baca Juga: [BREAKING] Kronologi Bentrokan Laskar dengan Polisi Versi FPI

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya