Comscore Tracker

Begini Cara Cek Penerima Bansos Beras 10 Kg di DKI Jakarta

Buka link corona.jakarta.go.id

Jakarta, IDN Times - Pemprov DKI Jakarta mulai membagikan Bantuan Sosial Non Tunai (BSNT) dalam bentuk beras. Ada 1.007.379 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar sebagai penerima bantuan ini. Jumlah penerima bantuan sosial beras disebut sama dengan penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 5 dan 6.

Namun dari jumlah tersebut, sebanyak 99.743 KPM belum dapat menerima bantuan karena adanya potensi duplikasi data dengan penerima bantuan beras dari Kementerian Sosial. Saat ini data tersebut sedang dilakukan pemadanan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Untuk mengetahui apakah nama seseorang tercantum sebagai penerima BSNT atau tidak, berikut adalah cara cek penerima bantuan beras 10 kilogram bagi warga DKI Jakarta.

1. Cara cek apakah nama termasuk dalam penerima bantuan

Begini Cara Cek Penerima Bansos Beras 10 Kg di DKI JakartaGubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan secara simbolis melepas truk pendistribusian beras di Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (29/7/2021). (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Cara cek penerima bansos beras adalah:

1. Membuka link ini https://corona.jakarta.go.id/id/informasi-bantuan-sosial

2. Memasukkan nomor kartu keluarga (KK) dalam kotak yang tersedia

3. Klik cari

Jika seseorang tidak terdaftar maka akan mendapat informasi dengan narasi seperti berikut dan diminta melapor ke RT.

Anda tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial. Silahkan cek kembali No. KK yang Anda masukkan atau hubungi petugas RT setempat

Baca Juga: Bugatti Chiron 2021 Dibanderol Rp90 Miliar, Yuk Intip Spesifikasinya!

2. Pembagian dilakukan mulai 29 Juli-17 Agustus

Begini Cara Cek Penerima Bansos Beras 10 Kg di DKI JakartaIlustrasi beras (IDN Times/Hendra Simanjuntak)

Bansos beras disalurkan kepada masyarakat yang berada di lima wilayah Kota Administrasi dan Kepulauan Seribu dengan total 907.616 KK. Jakarta Pusat sebanyak 50.526 KK, Jakarta Utara 181.367 KK, Jakarta Barat 73.948 KK, Jakarta Selatan 142.029 KK, Jakarta Timur 457.250 KK, dan Kepulauan Seribu 2.496 KK.

Total beras yang diterima masing-masing KPM adalah 10 kilogram dan pembagian beras akan dilakukan sejak 29 Jul--17 Agustus 2021 melalui Perumda Pasar Jaya dan PT Food Station Tjipinang Jaya.

3. Bansos disalurkan lewat RT dan RW

Begini Cara Cek Penerima Bansos Beras 10 Kg di DKI JakartaIlustrasi pelabuhan rakyat. ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar

Penyaluran beras dilakukan lewat perangkat RT dan RW yang sebelumnya telah diinformasikan terkait daftar nama penerima bantuan beras.

Maka itu, RT dan RW diharapkan bisa menghubungi KPM yang pindah alamat untuk datang mengambil jatah bansos beras sesuai jadwal.

Jika tidak diambil, beras akan dikembalikan ke Pemprov DKI Jakarta dan warga yang hendak mengambil bansos beras ini juga diharapkan sudah divaksin.

Baca Juga: Mahal Banget, Begini Cara Mendapatkan Obat Terapi COVID-19 Actemra   

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya