Begini Progres Revitalisasi Taman Ismail Marzuki

Revitaliasi TIM ditargetkan rampung akhir 2021, penasaran?

Jakarta, IDN Times - Pusat kesenian Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta Pusat saat ini masih dalam proses revitalisasi. Project Director Revitalisasi TIM, Luky Ismayanti mengatakan, revitalisasi tidak hanya melakukan pembaharuan pada bangunan yang ada, tapi beberapa bangunan ada yang dibangun ulang.

"Tidak hanya terhadap fungsi yang ada tetapi juga menghadirkan kembali fungsi-fungsi bangunan yang dulu pernah ada, sempat gak ada kita hadirkan kembali, kemudian ada penambahan fungsi lainnya," kata dia di TIM, Jakarta Pusat, Rabu (15/9/2021).

1. Jakpro diminta kembalikan fungsi TIM sebagai pusat budaya dan edukasi

Begini Progres Revitalisasi Taman Ismail MarzukiSuasana pengerjaan Taman Ismail Marzuki pada Rabu (15/9/2021) (IDN Times/Annisa Dewi Lestari)

Luky menjelaskan bahwa kondisi TIM sebelum direvitalisasi memang sangat memprihatinkan karena kehilangan fungsi-fungsi vitalnya. Jakpro sebagai BUMD Pemprov DKI mendapat tugas untuk mengembalikan fungsi yang ada di TIM, yakni sebagai pusat budaya dan edukasi.

"Yang harapannya, bisa menjadi tempat berkarya para seniman, membawa bibit-bibit unggul para seniman untuk bisa ke kancah Internasional," ujarnya.

Baca Juga: Revitalisasi Taman Ismail Marzuki, Jakpro Akan Bangun Teater Halaman

2. Sediakan wisma bagi seniman untuk beristrahat

Begini Progres Revitalisasi Taman Ismail MarzukiPotret terkini Taman Ismail Marzuki (IDN Times/Annisa Dewi Lestari)

Dia menjelaskan revitalisasi TIM menghadirkan perpustakaan dan wisma pelatihan, ruang terbuka hijau yang merupakan taman di atas parkiran, Gallery Anex, Graha bhakti budaya, teater halaman, planetarium dan pusat latihan seni, serta masjid Amir Hamzah.

Salah satu fungsi yang dikembalikan adalah Wisma Seni yang dilengkapi dengan 139 unit tempat tidur "bunk bed" untuk memberi tempat istirahat bagi para pegiat seni saat melaksanakan sebuah acara.

"Jadi teman-teman seniman yang akan melakukan event di sini dan sambil menggunakan wisma ini, bisa beristrahat sambil guyub begitu, sambil mempersiapkan," kata dia.

 

3. Planetarium hanya mengubah interiornya saja

Begini Progres Revitalisasi Taman Ismail MarzukiSuasana pengerjaan Taman Ismail Marzuki pada Rabu (15/9/2021) (IDN Times/Annisa Dewi Lestari)

Sedangkan untuk planetarium, saat ini yang dikerjakan hanya interiornya saja, karena tidak ada pembaharuan bangunan sebab planetarium masuk kategori cagar budaya.

"Planetarium ini memang jadi bangunan cagar budaya jadi kita upgrade untuk interiornya saja, bangunan di sekitarnya tentu ada fungsi-fungsi lain yang kita hadirkan," kata Luky.

Kemajuan revitalisasi Tahap I telah mencapai 98,70 persen, meliputi pembangunan Gedung Parkir Taman, Masjid Amir Hamzah, pembangunan Gedung Perpustakaan dan Wisma Seni atau biasa dikenal dengan nama Gedung Panjang. Sedangkan Tahap II mencapai 32,40 persen. Rencananya TIM akan rampung pengerjaannya pada akhir 2021.

Baca Juga: NOSTALGIA JAKARTA: 6 Nama yang Pernah Dipakai Sebelum Jakarta

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya