Berada di Dekat Istana, Alasan Formula E Batal Digelar di Monas

Ada lima opsi lokasi pengganti

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengungkapkan penyelenggaraan Formula E tidak jadi dilaksanakan di Monas karena berada di area Ring 1 atau wilayah pejabat negara, dalam hal ini dekat dengan istana Presiden Indonesia.

"Jadi, karena di Monas tidak memungkinkan karena masuk dalam ring 1, ada lima titik yang sedang jadi alternatif," kata Riza, Kamis (7/9/2021).

1. Salah satu lokasi pilihan pengganti adalah Pantai Maju

Berada di Dekat Istana, Alasan Formula E Batal Digelar di MonasDokumentasi - Anies Baswedan saat bernegosiasi mengenai Formula E di New York pada 2019. (facebook.com/Anies Baswedan)

Riza tidak menjelaskan secara rinci lima lokasi tersebut, namun dua di antaranya adalah Senayan dan Pulau Reklamasi tepatnya di Pantai Maju.

Terkait dengan lokasi di Pantai Maju, Riza mengungkapkan pihak dari Formula E dan Jakpro yang nantinya akan memastikan izin penggunaannya.

"Apakah tempat itu memungkinkan atau tidak dari segi legalitas, segi teknis, dan lain-lain," kata dia.

Baca Juga: Pulau Reklamasi hingga Senayan Jadi Alternatif Sirkuit Formula E

2. Peninjauan lokasi pengganti dilakukan bulan ini

Berada di Dekat Istana, Alasan Formula E Batal Digelar di Monas(IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Riza mengatakan, dalam waktu dekat Formula E Operation (FEO) akan meninjau lokasi pengganti acara balap mobil listrik tersebut.

"Insyaallah bulan ini," ujarnya.

Perpindahan lokasi juga memperhatikan unsur nilai tambah bagi Jakarta, karena acara ini adalah ajang internasional. Riza berharap tempat yang dipilih bisa menambah ikon Jakarta

3. Pertimbangkan media hingga sponsor

Berada di Dekat Istana, Alasan Formula E Batal Digelar di MonasDokumentasi - Anies Baswedan saat bernegosiasi mengenai Formula E di New York pada 2019. (facebook.com/Anies Baswedan)

Selain menambah ikon Jakarta dan area balap sebelumnya ada di Ring 1, pertimbangan Pemprov DKI Jakarta memindahkan lokasi adalah perkara teknis, keselamatan, akses pada kepentingan media, sponsor, masyarakat hingga protokol kesehatan.

"Tentu banyak faktor yang menjadi syarat," kata Riza.

Baca Juga: Pemprov DKI Jelaskan Alasan Merilis Klarifikasi soal Formula E

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya