Beredar Rekaman Suara Diduga Percakapan Laskar FPI, Ini Kata Polisi

Polisi dan terduga pengawal Rizieq terlibat bentrok

Jakarta, IDN Times - Sebuah rekaman suara atau voice notes yang diduga suara pengawal Pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sebelum bentrokan dengan anggota kepolisian Polda Metro Jaya di Tol Jakarta-Cikampek pada Senin dini hari, beredar.

Dalam rekaman yang didapatkan IDN Times, terdengar beberapa orang berkomunikasi perihal berbagi tugas untuk mengintai dan mengadang mobil. Percakapan itu diisi oleh sejumlah suara pria secara bergantian.

Percakapan dalam rekaman tersebut ditanggapi polisi sebagai salah satu bukti bahwa laskar khusus FPI yang mengawal Rizieq memang sudah mengetahui adanya mobil polisi dan tetap melakukan penyerangan.

"Faktanya sudah kita sampaikan dan juga ada bukti tentang voice note bagaimana sedemikian rupa direncanakan untuk dipancing ke sana dan kemudian dipepet. Semuanya terdatakan atau ternyatakan dengan jelas di dalam voice note itu," kata Dirkrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat, di Polda Metro Jaya, Senin (7/12/2020).

1. Polisi klaim bukti itu nyata dan tidak dikarang

Beredar Rekaman Suara Diduga Percakapan Laskar FPI, Ini Kata Polisi(Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat) IDN Times/Gregorius Aryodamar

Dia juga menjelaskan bahwa bukti tersebut nyata dan tidak dikarang. Pengawal pentolan FPI, Rizieq Shihab kata dia diduga sudah mengetahui bahwa mereka adalah polisi, namun tetap melakukan upaya penyerangan.

"Nyata dan tidak dikarang- karang, terlihat, terdengar di dalam voice note tersebut. Itu fakta-faktanya," ujarnya.

Tubagus mengatakan bahwa hanya ada satu mobil polisi saat insiden bentrokan itu terjadi. "Jadi pada saat kejadian itu, mobil kita, mobil Polri itu cuma satu, mobil anggota itu cuma satu," ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Polisi: Bukti Voice Note Ada Rencana FPI Memepet Petugas

2. Polisi telusuri kepemilikan senjata oleh oknum penyerang

Beredar Rekaman Suara Diduga Percakapan Laskar FPI, Ini Kata PolisiBarang bukti berupa senjata api dan senjata tajam yang digunakan diduga pengikut pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab untuk menyerang anggota Polda Metro Jaya saat konferensi pers di Polda Metro Jaya, Senin, (7/12/2020) (ANTARA/Polda Metro Jaya)

Sedangkan dalam kasus ini, polisi juga masih terus mencari asal-usul kepemilikan senjata api yang diduga dipakai laskar khusus FPI untuk menyerang anggota Polda Metro Jaya. Dia mengatakan saat kejadian memang ada senjata api yang ditemukan untuk menyerang petugas.

"Penyidikan tidak selesai sampai di sini. Kami akan telusuri siapa pemilik senjata api, bagaimana cara memperolehnya dan lain sebagainya, dikaitkan yang terlibat di dalamnya dalam peristiwa tersebut," kata Tubagus.

3. CCTV Tol Cikampek akan diperiksa

Beredar Rekaman Suara Diduga Percakapan Laskar FPI, Ini Kata PolisiANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.

Dia juga mengatakan bahwa polisi akan mendalami rekaman Closed Circuit Television (CCTV) di lokasi kejadian yakni di kilometer 50 tol Jakarta-Cikampek.

"Semua upaya akan kita lakukan semua, termasuk identitas kendaraan yang sampai saat ini belum tertangkap, orangnya belum tertangkap dan sebagainya akan kita lakukan proses lebih lanjut," ujar Tubagus.

Diberitakan sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan bahwa aparat kepolisian terlibat bentrok dengan pendukung pemimpin FPI, Rizieq Shihab. Dia mengatakan, penyerangan pada anggota polisi itu terjadi pada Senin (7/12/2020) pukul 00.30 WIB.

"Tadi pagi sekitar pukul 00.30 WIB di Jalan Tol Jakarta Cikampek, KM 50 telah terjadi penyerangan terhadap anggota Polri yang sedang melaksanakan tugas penyelidikan terkait rencana pemeriksaan MRS (Rizieq Shihab) yang dijadwalkan berlangsung hari ini, jam 10.00 WIB," ujarnya di Polda Metro Jaya.

Kejadian ini bermula dari adanya informasi pengerahan massa pada saat proses pemeriksaan Rizieq di Polda Metro Jaya pada Senin, 7 Desember 2020. Maka dari itu pihak polisi akhirnya melakukan penyidikan dan membuntuti kendaraan yang diduga sebagai pengikut Rizieq. Namun, kendaraan petugas malah dihalangi.

Baca Juga: [BREAKING] Munarman: 6 Laskar FPI yang Hilang Sempat Kirim Voice Note

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya