Comscore Tracker

Bikin WNA Jepang Takjub, Petugas Kebersihan Bandara Soetta Dapat Ini

Cerita soal petugas kebersihan itu viral berkat surat WNA

Jakarta, IDN Times - Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang, mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan seorang wisatawan asal Jepang kepada petugas kebersihan bandara. 

Apresiasi itu disampaikan Noriyuki Nakamura kepada seorang petugas kebersihan perempuan Bandara Soetta melalui sebuah surat. Baru-baru ini surat tersebut viral di media sosial.  

"Jadi, pertama-tama ya kami manajemen cabang Bandara Soekarno-Hatta mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan wisatawan Jepang kepada kami,” kata Febri saat dihubungi IDN Times, Selasa (21/1).

Pihak bandara, kata Febri, juga telah memberikan apresiasi kepada petugas kebersihan yang dimaksud dalam surat tersebut.

Baca Juga: Viral Surat WNA Jepang, Takjub Lihat Petugas Kebersihan Bandara Soetta

1. Pihak Bandara Soetta telah memberikan reward kepada petugas kebersihan yang membuat WNA Jepang takjub

Bikin WNA Jepang Takjub, Petugas Kebersihan Bandara Soetta Dapat IniIDN Times/Sunariyah

Febri membenarkan bahwa petugas kebersihan yang dimaksud adalah seorang perempuan muda sesuai dengan surat tersebut. Pihaknya juga telah memberikan apresiasi kepada perempuan itu saat apel karyawan, Senin (20/1) kemarin.

“Sudah, tanggal 20 kemarin kami sudah memberikan apresiasi kepada yang bersangkutan,” kata dia.

"Karena ini hal khusus, kami sudah berikan reward," Febri menambahkan.

Namun ketika ditanya siapakah perempuan muda yang dimaksud wisatawan Jepang tersebut, Febri hanya tertawa dan enggan menjawab.

2. Belum ada komunikasi antara pihak bandara dan penulis surat, namun jadi motivasi bandara

Bikin WNA Jepang Takjub, Petugas Kebersihan Bandara Soetta Dapat Ini(Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta) IDN Times/Candra Irawan

Ketika ditanya apakah pihak Bandara Soekarno-Hatta pernah melakukan kontak dengan penulis surat setelah viral, Febri mengatakan, sampai saat ini belum mengarah ke hal tersebut. Namun dia berharap, hal ini dapat menjadi penyemangat untuk bekerja lebih baik ke depannya.

So far saya belum ter-info ya, kami ingin itu menjadi penyemangat kami untuk terus meningkatkan pelayanan pengguna jasa dengan bekerja sepenuh hati,” ujar dia.

3. Selalu ada apresiasi karyawan terbaik setiap bulan

Bikin WNA Jepang Takjub, Petugas Kebersihan Bandara Soetta Dapat Ini(Ribuan calon penumpang antre masuk ke dalam Terminal 1 B Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten) ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Febri menjelaskan, memang ada apresiasi kepada karyawan terbaik setiap bulan, namun pemberian apresiasi dilakukan per tiga bulan sekali.

“Dikasih challenge, panggil ke depan, diberikan reward setiap bulan dari hasil penilaian,” katanya.

Selama beberapa tahun terakhir, Febri mengatakan, pihak bandara terus bekerja keras meningkatkan pelayanan bagi pengguna jasa dengan menjaga kebersihan dan kenyamanan.

4. Viral surat wisatawan asal Jepang yang takjub melihat kerja petugas kebersihan Bandara Soetta

Bikin WNA Jepang Takjub, Petugas Kebersihan Bandara Soetta Dapat IniSurat penumpang Bandara Soekarno-Hatta asal Jepang yang viral (Twitter/@mantriss)

baru-baru ini sebuah surat mendadak viral di media sosial. Surat tersebut menarik perhatian warganet setelah akun Twitter, @mantriss, membagikan foto yang memperlihatkan sepucuk surat berbahasa Inggris yang berisikan pujian dan rasa takjub.

Pujian tersebut dilontarkan seorang warga negara Jepang yang kagum dengan kinerja seorang petugas kebersihan Bandara Soekarno-Hatta. Surat tersebut ditulis oleh Noriyuki Nakamura. Dia menceritakan bahwa ini adalah kali kedua dia mengunjungi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), dan dia sangat memujinya.

Cleaning staff are so amazing,” tulis Noriyuki dalam surat tersebut.

Dalam badan surat dia menceritakan pengalamannya saat melihat seorang perempuan muda yang sedang membersihkan karpet besar dengan hati-hati. Lebih jauh, dia merasa terpukul karena melihat petugas kebersihan tersebut harus mengangkat beban berat seperti tempat sampah berbahan besi. Apalagi ketika petugas kebersihan itu mengelap bagian luar hingga dalam tempat sampah tersebut.

"She also checked to see if there was no strage sound from the opening of lid,”  Noriyuki menambahkan.

Karena itu, dia merasa bahwa para pekerja kebersihan di Bandara Soekarno-Hatta secara tidak langsung menyampaikan pesan lewat pekerjaannya, untuk mengatakan pada penumpang agar mau menjaga kebersihan dan ramah.

You should be highly proud of your workers as the best asset,” ujarnya.

Baca Juga: Bandara Soetta Layani 21 Rute Penerbangan yang Dialihkan dari Halim

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya